Air Terjun Kedung Gender Dawe

Air Terjun Kedung Gender Dawe

Niagawisata.com
– Bagi Warga Kudus, sudah barang tentu tempat wisata air terjun yang terkenal selama ini adalah Montel di Gunung Muria. Tapi seiring dengan berjalannya waktu banyak ditemukan obyek wisata air terjun baru di sekitar. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Gender di Dawe.

Kawasannya masih sangat asri dan sejuk karena berada di dataran tinggi. Dengan di kelilingi tebing yang indah seperti setengah lingkaran. Air terjun ini terlihat seksi dan menarik karena terbentuk secara alami.

Setiap weekend meskipun musim pandemi tidak menyurutkan warga lokal untuk berkunjung kesini. Mereka bisa duduk-duduk di bebatuan besar sambil menikmati gemericik air dengan udara yang segar. Cocok untuk wisata keluarga.

Setelah sempat viral di medsos para netizen, Air Terjun Kedung Gender semakai ramai di kunjungi warga sekitar bahkan sampai luar kota. Untuk memudahkan akses karena jalanan masih terjal, pengelola sudah membuat jalan setapak untuk di lalui wisatawan yang berkunjung.

Keindahan Air Terjun Kedung Gender

Karena lokasinya masih sangat alami, tidak jarang di sepanjang jalan setapak yang kita lalui akan mendengar suara hewan-hewan liar yang seperti menyambut kedatangan kita.

Dari tempat parkir ke lokasi yatu sekitar 600 meter atau sekitar 15 menit. Sebelum sampai ke lokasi air terjun juga terdapat gentong suruh yang konon katanya bisa bikin kita awet muda. Tidak ada salahnya dicoba 🙂

Dengan ketinggian air terjun sekitar 20 meter, Kamu bisa mandi disini sampai puas. Aliran Kedung Gender dari sungai pegunungan muria yang bersih dan jernih.

Spot-spot foto yang dihasilkan juga tidak kalah dengan air terjun-air terjun yang lain. Kamu bisa berswafoto di kolam, di atas bebatuan, di sungai bahkan di aliran air bawah tebing. Tetapi hati-hati yah karena ketika musim hujan kondisi bebatuan menjadi licin.

Di sekitar kawasan wisata ini, kamu juga bisa sekalian berkunjung ke kampung lebah. Ini adalah wisata edukasi. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana cara memanen madu dari lokasi kebun budidaya lebah, cara mengelola hewan lebah bahkan sampai mencicipi madunya langsung.

Ketua Pokdarwis yang mengelola juga menyediakan paket wisata air terjun lalu ke kampung lebah dan melihat UMKM di Dukuhwaringin Colo hanya dengan sekitar Rp. 35.000.

Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Untuk tiket masuk kamu hanya dikenai biaya retribusi Rp 2.000 dan Parkir roda dua Rp 2.000 untuk hari senin-jumat. Sedangkan untuk di akhir pekan biayanya adalah Rp 5.000. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

Lokasi Air Terjun Kedung Gender ada di Dukuh Takangwesi, Desa Dukuhwaringin, Kec. Dawe, Kabupaten Kudus. Atau kamu bisa mengikuti Google Maps ini. Dari Alun-alun kudus sekitar 40 menit perjalanan.

Fasilitas yang tersedia adalah Tempat parkir, gazebo, toilet &kamar mandi, kuliner. Tempat wisata terdekat adalah Air Terjun Watu Gompeng, Wisata Pijar Park, Air Terjun Kedung Paso dan Makam Sunan Muria.

Rekomendasi waktu datang ke Air Terjun Kedung Gender adalah pagi dan siang hari. Karena penerangan cahaya belum maksimal untuk sore dan malam hari.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال