Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo adalah replika dari Masjid Megah Abu Dhabi, Sheikh Zayed Grand Mosque. Masjid  adalah hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab, Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan dan diresmikan langsung oleh beliau tanggal 14 November 2022 di Gilingan, Kecamatan Banjarsari dengan luas sekitar 3 hektare.

Masjid ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman, seperti ruang ibadah, ruang VIP, pendidikan Islam, Islamic Center, wisata religi, pembelajaran Tafsir Quran, pengembangan ekonomi syariah, Perpustakaan dengan luas 20 meter persegi, dan basement untuk tempat berwudhu. Masjid ini juga memiliki area parkir yang luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang tempat parkir.

Arsitektur yang digunakan sangat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, dengan 4 menara dan 1 kubah utama. Ruangan dalam masjid dapat menampung hingga 10.000 jemaah, dengan 4.000 orang dalam ruangan.

Masjid ini dapat digunakan untuk aktivitas ibadah, pendidikan Islam dan wisata religi. Dilengkapi dengan area parkir dan Islamic Center yang akan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam, serta pengembangan ekonomi syariah dengan produk halal market.

Baca Juga : Villa Khayangan Bogor, Harga Tiket Masuk dan Rute

Keindahan masjid ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke Kota Solo. Selain itu, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo juga diharapkan dapat menjadi simbol persahabatan antara UEA dan Indonesia. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan bahwa setelah diresmikan, masjid ini dapat digunakan oleh masyarakat Kota Solo dan sekitarnya untuk beribadah dan aktivitas lainnya. Kehadiran masjid ini diharapkan dapat menambah tujuan wisata religi di Kota Solo.

Biaya Pembangunan

Biaya pembangunan masjid ini diperkirakan sekitar Rp300 miliar dan akan dikelola secara profesional oleh pemerintah daerah Solo. Biaya perawatan per tahun diperkirakan sekitar Rp20 miliar.

Secara keseluruhan, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diharapkan dapat menjadi tempat yang menyediakan pelayanan yang baik bagi umat muslim di Kota Solo dan sekitarnya, serta menjadi destinasi wisata yang menarik bagi pengunjung dari berbagai tempat.

Baca Juga : Nicole's River Park Bogor, Tempat Wisata Viral di Bogor

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال