Bukit Panguk Kediwung, Wisata yang Gak Ada Matinya

  • Whatsapp
Bukit Panguk Kediwung
Via Instagram

Jika mendengar kata Yogyakarta, apa yang pertama kali terbesit di pikiranmu? Ya, Yogyakarta memiliki terlalu banyak pesona tak terkecuali destinasi wisatanya. Di Yogyakarta kamu bisa mengeksplor destinasi wisata karena wisatanya bukan hanya ada di pusat kotanya saja. Kamu bisa menemukan destinasi wisata di setiap sudut Yogyakarta, termasuk di Dlingo, Bantul. Salah satu tempat wisata yang nggak boleh terlewatkan adalah bukit Panguk Kediwung Bantul daerah istimewa Yogyakarta.

Bukit Panguk ini letaknya di Pedukuhan Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Jaraknya dari kota kurang lebih hanya 25 km saja atau jika ditempuh dengan mobil melalui beberapa jalur yang ada rata-rata hanya satu jam. Jika dengan motor tentu bisa lebih cepat ya.

Bacaan Lainnya

Bukit Panguk Kediwung Jogja ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik untuk menyaksikan kemolekan sunrise di pagi hari karena Bukit Panguk ini menghadap ke ufuk timur. Waktu paling disarankan untuk ke Bukit Panguk adalah pagi buta agar jepretan yang akan kamu ambil bisa benar-benar seperti di atas awan dengan latar belakang gumpalan awan dan kabut tipis. Untuk kamu yang suka hunting foto indah, cari saja penginapan dekat Bukit Panguk atau datang sebelum subuh karena obyek wisata ini buka 24 jam.

Tapi ada beberapa catatan jika kamu berniat ke Bukit Panguk di pagi hari. Yang pertama adalah fisik. Pastikan tubuh dalam keadaan fit karena di waktu yang tidak lazim untuk berkendara tubuh bisa saja memiliki respon yang tidak biasa juga. Jangan lupa kenakan jaket terlebih jika kamu menggunakan motor. Selain itu, keadaan kendaraanmu juga harus dipastikan baik-baik saja agar perjalanan menuju tujuan tidak mengalami hambatan apapun.

Plang Bukit Panguk Kediwung Jogja

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan

Tapi jangan salah sangka dulu. Bukit Panguk bukan hanya bagus di pagi hari saja loh. Di siang hari dan sore pun pemandangan tetap asri karena kamu bisa melihat keindahan Sungai Oyo dalam dekapan perbukitan yang hijau, serta sepanjang jalan kamu akan menjumpai pohon jati yang tertanam rapi.

Jika kamu berfoto di siang hari kamu juga nggak perlu sedih. Di sini, kamu bisa berfoto di spot-spot yang unik dan instagramable tentunya. Semua spot ini menghadap ke tebing sehingga kamu bisa melihat langsung keindahan di depanmu.

Beberapa spotnya ada yang berbentuk perahu kertas, kupu-kupu, istana langit, dan masih ada lagi. Tapi ingat ya, di bawah spot foto itu jurang. Jadi hati-hati kalau ambil pose. Nggak perlu terlalu ekstrem jika pada akhirnya justru membahayakan keselamatan.

Rasanya kurang lengkap kalau di tempat wisata tidak diberikan fasilitas-fasilitas pendukung. Di Bukit Panguk, kamu bisa menemukan gazebo, kamar mandi, musholla, dan warung makanan sederhana. Menikmati sunrise dengan secangkir kopi panas kayaknya asik buat mengusir kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Baca juga : Seven Sky Jogja, Wisata Sunset Hunter yang hits

Rute Bukit Panguk Kediwung

Jika dari Jogja, silakan kamu menuju Terminal Giwangan, kemudian ke arah selatan menuju Jalan Imogiri dan ikuti terus jalannya sampai Pasar Imogiri. Lalu ambil jalan kiri ke arah Makam Raja Imogiri.

Nah sebelum kamu sampai makam, akan ada pertigaan. Ada papan petunjuk ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja papan itu. Sebelum sampai kamu akan menemukan petunjuk ke Bukit Panguk. Sekarang ikuti petunjuknya. Jika mulai ragu dengan jalan, jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar ya!

Harga Tiket masuk bukit Panguk Kediwung

Jangan lupa, untuk bisa masuk ke kawasan ini kamu harus membayar Rp 2500,- saja per orang ditambah biaya parkir jika kamu bawa kendaraan. Untuk motor dikenai tarif Rp 2000,- dan mobil Rp 5000,-. Sedangkan untuk bisa berfoto-foto ria di masing-masing spot kamu hanya diharuskan membayar Rp 3000,- per spotnya.

Udah nggak sabar menikmatinya? Selamat berwisata!

Baca juga : Tempat Wisata Seribu batu songgo langit Dlingo

Pos terkait