Getuk Goreng Kudus, Sajian Khas Kota Kretek yang mendunia

  • Whatsapp
Getuk Goreng Kudus

Getuk Goreng Kudus menjadi menu makanan yang familiar di Kota Kretek bahkan kota-kota sekitarnya. Para wisatawan atau pendatang yang berkunjung biasanya di tawari oleh-oleh makanan ini.

Olahan getuk goreng ini bahan bakunya adalah Ketela pohon atau singkong. Jadi jangan kaget kalau kamu akan kenyang setelah menyantap makanan lezat ini karena mengandung karbohidrat.

Bacaan Lainnya

Makanan ini berawal mula dibuat dari Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus. Terbuat dari perpaduan singkong dan gula merah membuat rasanya manis dan gurih untuk disantap. Proses memasaknya juga lumayan lama yaitu 40 sampai 60 menit untuk 50 porsi.

Resep Getuk Goreng Kudus

Alat untuk membuat getuk goreng juga simpel. Kamu hanya perlu menyiapkan Gilingan singkong, dandang pengukus, contong kayu dan sejenisnya, loyang, tampah dan pisau.

Sedangkan untuk menggoreng di perlukan kompor yang bisa diatur apinya.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain :
– 1 kg Ketela/Singkong
– Gula Merah
– 2 sdm Garam
– Tepung beras secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara memasaknya :
– Kupas dulu singkong dan bersihkan
– Giling sampai halus atau potong2 tipis agar cepat matang dan empuk saat ditumbuk. Lalu cuci bersih.
– Rebus/Kukus singkong sampai empuk banget.
– Tumbuk singkong yang sudah dikukus tadi sampai halus.
– Olah dan di bulat2kan, jangan lupa isi dengan tepung gula atau sejenisnya seperti atau keju/coklat/ubi ungu terserah anda.
– Goreng dengan minyak yang banyak sampai terendam semua.
– Stabilkan api untuk tidak terlalu panas dan sebaliknya.

Baca juga : Wisata Kuliner di Pati

Makin Mendunia

Melihat potensi makanan tradisional ini banyak digemari dan di kenal luas, pemerintah pada festival kuliner internasional pertengahan tahun 2021 di Slovenia sengaja mengikutsertakan dan memperkenalkan Getuk Goreng Kudus.

Melihat antusiasme para penikmati kuliner di Kudus yang tinggi, menu citarasa Getuk Goreng ditambah dengan berbagai rasa seperti sajian plus urap kelapa muda, rasa cokelat, saus alpukat sampai getuk goreng krispi.

Ternyata selain Jenang Kudus, Kota santri ini mempunyai makanan khas yang bisa di banggakan. Orang Kajar sering menyebutnya Getuk Nyimut. Jadi kalo mau cari bilangnya nyimut yah biar gampang 🙂

 

 

Pos terkait