5 Goa di Pacitan yang populer dan cocok untuk wisata

  • Whatsapp
Goa di Pacitan

Goa di Pacitan sekarang lagi ngetrend lagi dan mempunyai ciri khas tersendiri.Untuk kamu yang lagi ada di Pacitan, banyak sekali destinasi wisata menarik disana.  Seperti yang banyak orang ketahui Pacitan mempunyai sekitar lebih dari 100 Goa.

Tempat wisata Goa di Pacitan tidak pernah sepi pengunjung apalagi saat libur nasional dan mudik lebaran. Kota kelahiran SBY ini mendapatkan sebutan kota 1001 Goa. Dan salah satu yang terkenal adalah Goa Gong . Berikut ulasannya.

Muat Lebih

Goa Gong

Goa Gong Pacitan
via Pacitan-paradise

Goa ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo 30 km dari Alun-alun kota Pacitan. Goa Gong ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang artistik dan berumur ratusan tahun. Setiap kamu memukul logam/batu disana, suaranya agam menggema seperti suara gong. Itulah awal mula dinamakannya goa gong.

Dulu di dalam goa sangat gelap gulita. Karena saking gelapnya Goa pada saat itu dan pengunjung yang semakin bertambah bahkan sampai turis luar negeri, membuat pengelola memberi lampu warna warni untuk menghiasi kegelapan goa. Ini adalah salah satu Goa di Pacitan yang bisa di banggakan Indonesia. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Konon Goa Gong adalah goa terindah di Asia Tenggara.

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Tidak ada bedanya dengan Goa Gong diatas, Goa Tabuhan juga mempunyai keunikan stalaktit dan stalakmit. Letak Goa ini hanya berjarak 1 km saja dari Goa Gong yaitu di Desa Wareng, Kecamatan Punung. Dulu namanya adalah Goa Tapan karena menjadi tempat bertapa orang terdahulu.

Nama Goa menjadi Tabuhan karena seiring berjalannya waktu menjadi tempat kegiatan kesenian dengan memukul stalagtit di dalam Goa tersebut.

Goa Dawung

Goa Dawung

Tempat kelahiran SBY Presiden keenam RI memang sangat berlimpah wisata alam Goanya. Selain disana kita bisa mendapatkan Goa yang mempunyai suara seperti Gong, kita juga mendapatkan Goa unik lainnya seperti Goa Dawung.

Goa ini ada di tanah perbukitan Donorojo Pacitan.  Penemuan Goa ini dulu awalnya adalah tidak sengaja seorang menemukan sebuah lobang kecil yang tertutup tanah liat. Goa yang mempunyai 7 sumber mata air di lorong Goa ini sering di keramatkan warga sekitar karena dulunya menjadi tempat pertapaan.

Banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang dialami pengunjung seperti lampu di goa yang selalu mati padahal sudah berkali-kali di betulin. Sesepuh dan orang yang dituakan disana menyerukan ke warga sekitar untuk tidak meminta retribusi/patokan harga untuk pengunjung. Oleh sebab itu, warga hanya memasang kotak “sukarela” untuk wisatawan yang datang.

Goa Kalak

Goa Kalak Pacitan

Sepertinya Goa adalah tempat yang sangat angker bagi orang sekarang karena terlihat seperti tempat yang tidak lazim. Fakta yang di temukan adalah bahwa Goa di Pacitan sering di jadikan tempat bertapa orang-orang terdahulu untuk mententramkan hati dan fikiran untuk bisa berkomunikasi dengan dunia lain. Seperti Goa Kalak di Pacitan ini, Konon Goa ini dijadikan tempat Presiden Soeharto bertapa.

Goa ini juga dikenal pernah menjadi tempat semedi Gusti Kalak yaitu Raden Prawiroyudho yang notabene adalah keturunan Majapahit. Sekarang Goa Kalak sudah menjadi tempat wisata dan bisa dijadikan untuk berfoto-foto ria.

Goa Putri

Goa Putri Pacitan

Awal mula dinamakan Goa Putri adalah bebatuan di dalam Goa jika di lihat sekilas seperti Sosok seorang putri. Di Goa ini juga kamu bisa menemukan tempat seperti peristirahatan seorang putri.

Goa ini terletak di Desa Soka, kecamatan Punung, kabupaten Pacitan. Tempat wisata Goa Putri tidak jauh dari Goa Gong dan Goa Tabuhan.

Baca juga : Wisata Kali Cokel Pacitan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *