Gunung Andong, Tempat yang Ramah bagi Pendaki di Magelang

Niagawisata.com – Kabupaten Magelang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan tempatnya sangat strategis karena terletak di Jalur Utama Semarang-Yogyakarta. Itulah kenapa tempat wisata di Magelang selalu banyak di kunjungi wisatawan.

Salah satu yang terkenal adalah Gunung Andong. Tempat wisata ini yang sangat menyenangkan untuk menjadi destinasi wisata. Bagaimana tidak, Berada di ketinggian 1.726 Mdpl membuat suasananya lumayan sejuk dan mententramkan.

Bacaan Lainnya

Gunung Andong mempunyai empat Puncak yaitu Puncak Alap-alap, Puncak Makam, Puncak Andong dan Puncak Jiwa. Sempat hits di 2014 dengan keindahan spot-spot fotonya tidak membuat lokasi ini menjadi sepi, justru sebaliknya. Karena keindahan alamnya yang selalu memukau, Gunung yang terletak dekat Kota Salatiga ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Keindahan dan Daya tarik

Gunung ini mempunyai beberapa kelebihan yang membuat para pendaki akan merasa puas ketika sudah ada di atas. Apa saja Keindahan yang di tawarkan setelah mendaki gunung selama 1 jam perjalanan?

  1. Hamparan awan

Ketika sampai atas, kamu akan langsung melihat samudera awan yang terhampar luas di depan mata kita. Pemandangan ini sering diambil untuk mengabadikan momen bersama teman atau pasangan.

Saat cuaca cerah dan mendukung, kita akan di suguhi pemandangan empat Gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo dan Gunung Merapi. Pemandangan awan ini bisa kamu saksikan jelas di batu pertapaan dengan view Gunung Telomoyo.

     2. Sunrise

Hampir semua pengunjung yang mendaki Gunung Andong menanti keluarnya Matahari dari persembunyiannya. Karena ini adalah salah satu passion para pendaki gunung. Semuanya bersiap-siap mengabadikan momen diatas Gunung yang bersahabat ini.

Seakan tidak mau ketinggalan, para pengunjung rela menunggu berjam-jam dari subuh untuk mendapatkan tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Satu sisi kita tidak bisa menikmati keheningan karena saking ramainya orang disini.

     3. Tidak Terlalu Tinggi

Karena ketinggiannya hanya 1.726 Mdpl saja, membuat lokasi ini mudah dijangkau oleh siapa saja bahkan pendaki yang masih awam. Itulah yang membuat tempat ini sangat familiar dan selalu ramai wisatawan.

Perjalanan dari bawah sampai puncak hanya memakan waktu sekitar 60 menit saja. Dan jalanannya lebar dan mudah di akses.

     4. Ada 4 Puncak Tertinggi

  • Puncak Jiwa

Puncak ini menjadi favorit para pendaki untuk Camping Ground. Selain datarannya luas, mayoritas pendaki sudah menetap diatas duluan.

  • Puncak Alap-alap

Puncak ini adalah puncak yang pertama dan berada di ujung timur. Suasananya sedikit hening dan tenang.

  • Puncak Andong

Adalah puncak tertinggi disini dan menjadi destinasi utama untuk melihat pemandangan alam bebas dari atas.

  • Puncak Makam

Di puncak ini terdapat makam dengan ukuran 2×3 m dan tidak bisa di akses bebas karena tertutup. Konon makam ini adalah makam Ki Joko Pekik. Dia adalah tokoh tang di kagumi disana.

Lokasi dan Rute

Gunung Andong Terletak di Gogik, Girirejo, Ngablak, Magelang. Untuk memudahkan bisa mengikuti Maps ini.

Untuk kamu yang dari Jakarta bisa naik kereta tujuan stasiun Tugu atau Lempuyangan > Lalu naik angkot/ojol ke Terminal Jombor > Lalu naik Bus jurusan Semarang (15 ribu)> Turun di Terminal Tidar > Naik angkot jurusan kopeng-salatiga > Turun di Pasar Ngablak > naik ojek ke Gapura Taruna Jaya Giri > Lokasi

Untuk kamu yang bawa kendaraan sendiri Masuk Tol Purbaleunyi > Tol Kanci > Tol Pejagan > Tol Pemalang ? Tol Batang > Tol Semarang > Exit Salatiga > Tingkir > Lingkar Salatiga > Kumpul Rejo > Pijil > Getasan > Salaran > Kopeng > Ngablak > Sawit > Lokasi Gunung Andong

Pos terkait