Harga tiket masuk Wisata Gunung Tangkuban Perahu

  • Whatsapp
Foto Gunung Tangkuban Perahu Hitam Putih

Tempat wisata legendaris di Bandung ini masih menjadi destinasi wisata favorit untuk para pelancong. Sejarah Sangkuriang dan ibunya Dayang Sumbi sampai munculnya Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang dan Gunung Bukittunggul masih sangat melekat di hati masyarakat Nusantara.

Lokasi wisata di Gunung Tangkuban Perahu sendiri sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Suasana sekitar masih asri seperti dulu meskipun sekarang sudah banyak kendaraan berlalu lalang. Tetapi Hamparan perkebunan teh dan Pohon pinus di samping jalan membuat oksigen yang kita dapat masih bersih. Jelas saja karena gunung ini berada di ketinggian 2.084 meter dari permukaan laut.

Muat Lebih

Hawa Pegunungan yang sejuk bisa kita rasakan langsung. Gunung tangkuban perahu di kenal sering erupsi. Gunung ini berbentuk Stratovulcano yang pusat erupsinya berpindah dari timur ke barat. Hasil luapan erupsi yang di keluarkan hasil letusan adalah sulfur dan lava. Jadi di sarankan untuk selalu memantau informasi dari BMKG sebelum berangkat kesini.

Baca juga : Wisata di Curug Cinulang Cicalengka

Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu

Obyek wisata di Gunung ini sangat beragam. Yang paling populer adalah pemandangan kawahnya yang sangat indah. Ada sekitar 9 kawah yang bisa kita temukan disini. Yang paling sering di lihat hanya 3 saja, karena pemandangan alamnya memang sangat menakjubkan.

Untuk para explorer wisata alam, tempat wisata ini sangat menarik karena Gunung ini termasuk gunung berapi aktif. Para pecinta wisata alam bahkan mempelajari awal terbentuknya kawah yang secara alamiah ini. Kawah di Gunung Tangkuban Perahu di perkirakan berumur ribuan tahun yang lalu.

Kawah alami ini adalah hasil dari fase geologi atau pergerakan tanah yang kebetulan notabenenya adalah di dataran sangat tinggi. Beberapa kawah di Gunung Tangkuban Perahu diantaranya :

  • Kawah Upas

Ada beberapa jalur untuk sampai kawah Upas, slah satunya bisa lewat jalur Parompong. Sampai rute pintu masuk tidak jauh dari Kantor BRI Parompong. Perjalanan sekitar 3 jam berjalan kaki santai. Kita tidak akan merasa bosan karena pemandangan sekitar sangat indah dan hijau dengan adanya kebun teh.

Disarankan membawa bekas makanan dan minuman karena sulit mencarinya di lokasi. Kawah Upas berjarak sekitar 1 km dari Kawah Ratu. Harap berhati-hati karena tebingnya sangat curam dan berbatu tajam.

Datanglah ke Kawah Upas sebelum matahari terbit. Karena Sunrise yang di suguhkan disini sangat eksotis dan sayang untuk di lewatkan. Matahari seakan mulai mengintip di balik gunung dan menyinari semua yang ada di kawah secara perlahan. Sungguh pemandangan yang sangat elok dimata.

Kawah ini masih aktif, jadi kadang kamu akan mencium bau belerang. Setelah menikmati sunrise bisa langsung menuju ke objek tangkuban perahu yang berkisar hanya 1 km saja.

  • Kawah Ratu

Kawah ini adalah kawah terbaik yang ada di Gunung Tangkuban Perahu bahkan di Jawa Barat. Keindahannya seolah tidak bisa di tuliskan dengan huruf disini, intinya kamu harus kesana. Luas kawah sekitar 8050 hektar. Kawah ini juga berdekatan dengan Kawah Upas. Bisa di tempuh dengan naik motor atau mobil.

Kawah yang berbentuk seperti mangkok raksasa ini jika di lihat dari jauh sungainya berwarna biru muda. Tetapi saat di dekati, kita akan melihat warna kuning di dasar sungai. Sebenarnya warna itu adalah belerang yang mengendap di bawah. Dianjurkan untuk membawa masker demi kesehatan pernafasan kita.

Disini kamu bisa berfoto-foto ria bareng temen dan pasangan kamu denngan view keindahan kawah di gunung tangkuban perahu. Karena lokasinya sangat ramai pengunjung, banyak sekali warung-warung penjual makanan dan minuman hangat di lokasi. Kamu bahkan bisa menyewa kuda untuk sekedar berfoto disana.

  • Kawah Domas

Kawah ini berjarak sekitar 1.3 km dari Gunung Tangkuban Perahu. Sebenarnya letak Kawah Domas ini adalah berada di bawah Kawah. Berbeda dengan kawah lainnya, disini kamu harus di temani guide. Guide ini akan menceritakan detail hutan di sekitar dan gunung tangkuban perahu sendiri.

Kawah ini mempunyai 3 sumber air panas yang dihasilkan dari zat belerang. Panas yang di hasilkan bermacam-macam ada yang 25C, 50C, Sampai 98C. Saking panasnya, kamu bahkan bisa merebus telur disini hanya sekitar 7 menit tergantung cuaca.

Kalau kamu ingin menikmati panasnya belerang, bisa memanfaatkannya untuk maskeran atau lulur karena di percaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Ada juga yang berendam kaki disini. Banyak turis mancanegara yang penasaran dan ingin merasakan suasana kawah Domas ini.

Masih ada lagi beberapa kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu tetapi tidak disarankan. Kawah tersebut masih berbahaya untuk pernafasan dan kesehatan karena zat belerangnya sangat kuat seperti Kawah jurig dan Kawah Siluman.

Harga Tiket Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Hari Biasa

Rp 25.000,-

Rp 220.000,-

Rp 13.000,-

Rp 25.000,-

Rp 110.000,-

Rp 7.000,-

Hari Libur

Rp 35.000,-

Rp 300.000,-

Rp 18.000,-

Rp 35.000,-

Rp 150.000,-

Rp 10.000,-

Keterangan

Pengunjung Lokal

Pengunjung Mancanegara

Parkir Motor

Parkir Mobil

Parkir Bus

Sepeda

#Harga bisa berubah-ubah menurut ketentuan yang berlaku

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Gunung ini ada di Cikahuripan Lembang Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Ada beberapa opsi untuk sampai lokasi diantaranya

- Dari terminal Leuwi Panjang di Bandung naik bis jurusan Indramayu. Kamu langsung sampai di pertigaan gerbang wisata.

- Kalau dari Stasiun Hall Bandung, cari angkot jurusan Lembang turun di perempatan Lembang-Paribaya-lokasi wisata. Terus naik lagi angkot jurusan cikole langsung turun di sisi kawah gunung.

- Kalau naik kendaraan pribadi, keluar pintu tol Pasteur menuju Jl Dr Djunjunan-Pasir Kaliki-Sukajadi- Setiabudi-Lembang >> lokasi.

-  kendaraan pribadi Kalau keluar tol Padalarang lalu ke arah Cimahi belok kiri ke Jl Kolonel Masturi, sampai di pertigaan Jl Raya Lembang belok kiri >>sampai lokasi.

Untuk memudahkan, anda juga bisa mengikuti Google Maps berikut ini. Selamat berlibur di Gunung Tangkuban Perahu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *