Kali Cokel Pacitan yang menawarkan suasana alam yang asli

  • Whatsapp
Suasana Kali Cokel di atas Perahu

 

Kali Cokel Pacitan sekarang lagi ramai menjadi pembahasan netizen menjadi Wisata Alternatif selain Sungai Maron  yang terkenal lebih dulu di Kota 1001 Goa ini. Destinasi yang menawarkan pengalaman full alam ini sangat menenangkan, tidak ada polusi udara, jadi kamu bisa menikmati oksigen langsung dari pepohonan di sekitar. Aliran sungai indah ini mengalir ke Pantai Watukarung yang menjadi Pelabuhan Perikanan Tradisional Pacitan.

Muat Lebih

Di akhir aliran Kali Cokel atau Sungai Cokel ini kamu akan melihat perahu-perau kecil bersandar di tepi sisi timur pelabuhan. Indahnya lagi, air sungai ini akan selalu berwarna hijau jernih sepanjang tahun meskipun hujan turun karena bersumber dari Goa Luweng Jaran. Itulah sebabnya warga sekitar yang ada di hulu aliran sungai tidak membuang sampah di sungai ini. Ini berbeda dengan sungai Maron yang kadang berwarna coklat ketika hujan datang atau saat air laut pasang.

Wisata Kali Cokel Pacitan

Untuk menikmati suasana alam langsung, kamu bisa menyewa perahu dengan hanya membayar Rp 15.000 perorang dengan kapasitas perahu 6-7 orang. Pengelola juga menyediakan perahu motor bagi kamu yang ingin menikmati lebih. Kamu akan di bawa menyusuri sungai cokel yang di kelilingi oleh Pepohonan Kelapa dan tanaman rindang lain. Pohon kelapa ini terlihat berdiri sejajar sepanjang sungai seakan memberikan hormat kepada kita.

Hiburan kedua yang bisa kamu nikmati adalah berjalan diatas air. Disini kamu bisa berjalan diatas air dan mendayung sebuah papan SUP atau Stand-Up Paddle Board. Untuk menikmati wisata ini dibutuhkan sedikit nyali lebih karena ada sedikit tantangannya.

Selain itu kamu bisa menikmati suasana alam langsung. Udara yang segar dan panorama alam yang luar bisa di kawasan tempat wisata ini. Di dekat tempat wisata ini ada Pantai Kasap yang berjarak sekitar 1.5 km yang suasanya seperti di Raja Ampat Papua.

Lokasi Sungai Cokel Pacitan

Kali Cokel Pacitan ada di Gumuharjo, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sungai/Kali ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota dan bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar satu jam perjalanan. Rute ke lokasi cukup mudah. Kamu tinggal mencari maps sungai kali cokel atau mengikuti rambu-rambu petunjuk jalan yang menuju Pantai Watu karung. Setelah loket masuk di wisata Pantai Watu karung ambil jalur kiri, terus ikuti jalan yang ada sampai melewati jembatan Kali Cokel itu dan menemukan tempat parkit. Selamat berlibur !!

Baca juga : Waduk Seloromo, Tempat Wisata di Pati Utara yang sejuk

Pos terkait