Wisata Pulau Labengki

  • Whatsapp
Keindahan Wisata Pulau Labengki
Keindahan Wisata Pulau Labengki

Jika kamu ingin menikmati Miniatur keindahan Wisata Raja Ampat di Papua, kamu bisa juga mengunjungi Wisata Pulau Labengki yang ada di Kecamatan Lasongko Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Wisata di Pulau Labengki ini sangat menarik, karena alamnya yang masih sangat asri dan jauh dari keramain. Pulau indah ini juga kadang terlihat kawanan lumba-lumba yang lucu muncul di sekitar ikut berenang menemani perahu kita dan kapal.

Bacaan Lainnya

Bagi kamu yang suka dengan dunia traveling, Pulau ini masih sangat jarang di jamah oleh wisatawan umum kecuali warga sekitar. So, wisata kesini sangat recommended banget.

Warga suku bajo disana juga terkenal dengan keramahannya. Mereka terlihat welcome dengan para pelancong yang hendak menikmati keindahan Wisata di Pulau Labengki. Saking asrinya, disana baru-baru ini saja mendapatkan sinyal Handphone. Itupun hanya beberapa provider saja.

Jadi, kamu seolah-olaha akan terputus dari dunia luar atau akan terobati penat dengan beberapa gangguan-gangguan media massa dan pekerjaan.

Keseruan yang bisa kita dapatkan adalah ketika kita hendak menuju lokasi Pulau kecil Labengki ini. Kita harus berkendara dari kota Kendari dulu menuju konawe utara. Perjalanan ini bakal menempuh waktu sekitar dua sampai dua setengah jam.

Tidak cukup sampai disitu, setelah sampai di Konawe Utara, kamu harus menyeberang perjalanan laut kurang lebih sekitar satu setengah jam untuk sampai langsung di lokasi Pulau Labengki.

Warga di labengki sekitar 110 keluarga. Dan mayoritas mata pencahariaannya adalah sebagai nelayan. semuanya sangat aktif dengan kegiatan sehari-harinya. Di pagi hari mereka bekerja masing-masing. sore hari mereka bahkan di sibukkan dengan kegiatan yang menyehatkan. Yaitu olahraga untuk pria wanita tua dan muda. Setelah itu mereka mandi di laut langsung yang airnya sangat jernih.

Apa saja Obyek Wisata Pulau Labengki

Apa saja Obyek Wisata Pulau Labengki

Snorkling melihat keindahan terumbu karang

Snorkling di Pulau Labengki
Instagram by labengki_official

Di pulau Bahari Labengki ini, kamu bisa snorkling menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang. Banyak sekali ikan-ikan yang jarang kita temui di tempat lain. Terumbu karangnya juga masih sangat alami.

Disana kamu akan mudah mendapatkan Guide untuk berwisata dan mengexplore Pulau Labengki kecil. Contohnya ketika saat mau snorkling, kamu bakalan diantar dengan kapal kecil untuk sepuas-puasnya berenang disana.

Melihat Goa kolam renang


Setelah menyelam, kamu bisa melihat Goa kolam renang. kamu harus bawa center karena bakalan gelap di dalam. disana ada gowa kecil yang datarannya basah menyambung sampai bibir laut.

Dari luar memang hanya terlihat bukit batu di rerimbunan pohon. Jadi kita harus naik keatas sekitar 15 meter lewat anak tangga yang sudah ada disana. lalu turun lagi kebawah menapaki tangga kayu. Saat menuruni tangga kamu bakal melihat mulut gua yang berupa lorong, cukup lebar, tapi juga nggak luas.

Tapi awas hati-hati, disaat airnya pasang, Kamu harus berenang untuk menyusuri guanya. Di dekat Goa kolam renang , ada mercusuar untuk spot pandang di balik desa. Kamu bisa melihat hamparan laut biru yang membentang dengan bebasnya.

Sungai Tamborasi terpendek yang pernah ada

Setelah capek menjelajah pulau, ternyata ada sungai kecil terpendek dengan kejernihan luar bisa yang di temukan disini, yaitu sungai Tamborasi.

Saat pertama kali melihatnya, kamu akan mengira ini adalah sebuah danau juga. Tetapi, anggapan itu pasti akan berubah saat kamu menemukan ada aliran air disana. Berbeda dengan danau pada umumnya. Keunikan disini adalah airnya yang sangat dingin hingga 18 derajat celcius padahal berada di bibir pantai. Kenapa? karena mata air yang mengalir di samping Pulau Labengki keluar langsung dari bebatuan tebing yang terhampar di samping pantai.

Airnya sangat hijau dan tenang. sumber air ini hilirnya langsung mengalir ke pantai Tamborasi. itulah kenapa disebut sungai terpendek. di sungai ini kamu bisa jump climb dengan menaiki dulu tebing disampingnya. Tapi harus hati-hati dan tidak disarankan bagi kamu yang ragu.

Teluk Cinta & KIMABOE HILLS

Tempat inilah yang membuat Pulau labengki di anggap sebagai miniatur Raja Ampat. Karena kamu bakal mendapati view raja ampat yang tidak kalah indah. Sebelumnya kamu harus mendaki ke Puncak Kimaboe Hills, paling sekitar 5 menit pendakian.

Tiba di puncak, ada dua view yang bisa kita dapatkan . Yang sebelah kanan Teluk Cinta. Dinamakan Teluk Cinta karena bentuk gradasi air lautnya menyerupai bentuk hati. Kalau dilihat dari puncak bukit sih nggak terlalu jelas bentuk hatinya. Tapi kalau difoto dengan drone, barulah lebih jelas terlihat dan sangat indah.

Yang sebelah kiri inilah “view Raja Ampat” terlihat juga atap-atap bungalow Kimaboe Lagoon Cottage & Villa. ke arah teluk yang menghadap Pulau Mauang.

Penginapan di kawasan Pulau Labengki

Mencari tempat persinggahan di Pulau Labengki sedikit terbatas, karena lokasinya yang masih sangat jauh dari kesan Wisata Modern seperti di tempat-lain. Tapi jangan kuatir, disana sudah bermunculan resort-resort serta homestay untuk kamu tergantung selera.

Labengki Beach HUT

Resort ini yang paling mudah ditemukan di website ketika kita ingin booking duluan. Kamu bisa memesannya dari Agoda, TripAdvisorsecara online. Labengki Beach Hut ini berlokasi tepat di Jalan Bypass Samping Lapangan Benu, Benua, Kendari.

Resort ini yang paling mudah ditemukan di website ketika kita ingin booking duluan. Kamu bisa memesannya dari Agoda, TripAdvisor secara online. Labengki Beach Hut ini berlokasi tepat di Jalan Bypass Samping Lapangan Benu, Benua, Kendari.

Akomodasi satu ini terkenal dengan private beach-nya, sehingga cocok bagi Anda yang mendambakan privasi untuk melakukan sejumlah kegiatan seru seperti berjemur, berenang, snorkeling, diving, atau sebagainya. Jarak dari kamar untuk menuju pantai cukup dekat, hanya sekitar 10 kaki saja. Asyik sekali bukan?

Labengki Nirwana Resort

Di Labengki Nirwana Resort Group, kamu bisa sekalian meminta Paket Wisata disana. Jadi sekali dayung, dua tiga keinginan bisa terlampaui.

Wisata pulau Labengki tidak akan mengecewakan. Banyak sekali hal baru disana bagi kita pelancong dari luar kota.

Homestay atau Balai Desa

Bagi Para pelancong yang tidak mempunyai batasan waktu untuk menginap, kamu bisa mencari Homestay disana. Harganya lebih terjangkau. Akan tetapi disana hanya menyediakan matras yang tipis untuk tidur.

Jadi sedikit mengurangi ketenangan dalam beristirahat. Tapi tidak mengapa, karena warga sekitar yang ramah akan mengobati suasana tempat tidur anda yang minim.

Pulau Labengki bukan cuma menyuguhkan keindahan bahari saja, suasana kampung Baji di Labengki sangatlah tenang, hening meskipun penduduknya lumayan banyak. Udaranya juga masih sangat bersih. Jadi kamu bisa terhipnotis untuk berlama-lama disana.

Pos terkait