Kuliner di Pati

  • Whatsapp

Wisata Kuliner di Pati adalah salah destinasi favorit di Pantura. Pati mempunyai kuliner yang lezat dan bermacam-macam dari Kuliner seafood dan makanan khas Pati. Semuanya akan menggoyang lidah anda ketika menikmatinya.

Selain menikmati Wisata di Pati yang berjibun, tidak ada salahnya kita mengetahui menu-menu kuliner khas yang ada di kota Bumi Mina Tani Tersebut. Diantaranya adalah :

Bacaan Lainnya

Selain menikmati Tempat Wisata di Pati yang berjibun, tidak ada salahnya kita mengetahui menu-menu kuliner khas yang ada di kota Bumi Mina Tani Tersebut. Diantaranya adalah :

1. Soto Kemiri

Soto Kemiri
tripjalanjalan.com

Banyak sekali kita menemukan menu Soto Kemiri di pelosok negeri. Tapi Soto satu ini yang di hidangkan di Pati sedikit berbeda yaitu cara penyajiannya. Selain Nasi mangkuk seperti biasa disajikan dengan kuah soto kocok dicampur dengan kemiri yang kental, kamu akan mendapati lauknya yang menggunakan daging ayam kuthuk (ayam muda).

Rasa yang keluar di lidah sangatlah enak. Karena selain daging ayamnya, komposisi memasaknya pun beda. Menu-menu yang di pakai adalah dari seledri, daun bawang, cabe, kecap, santan (kelapa tua), serai, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, bawang merah & putih, kunyit, ketumbar, merica dan Kemiri. Dari komposisi tersebut, bisa kita bayangkan kesedapan makanan yang tersaji.

2. Petis Kambing

Orang Pati sudah pasti mengenal Petis. Makanan ini seolah menjadi makanan esklusif di Kota Bumi Mina Tani tersebut. Dari anak-anak sampe nenek-nenek mengkonsumsi menu petis khas Pati. Petis mempunyai lauk yang berbeda-beda tergantung selera, salah satunya adalah Petis Kambing.

Petis ini rasa utamanya adalah dari sumsum tulang kambing. Orang Pati menyebutnya “Balungan”. Jeroan daging Kambing dicampur iga. Khas Petis di Pati, memasak dagingnya di campur/di sanggrai dengan tepung beras. Hasilnya mencari sedikit kental tapi nikmat di seduh saat panas-panasnya.

Baca juga : Tempat wisata terbaik di Pati

Campuran menu Petis kambing Runting adalah Iga Kambing, Balungan, Daun jeruk, kecap, tepung beras, bawang merah & putih, kemiri, kunyit, kencur, ketumbar, cabe, garam dan bisa juga terasi. harganya juga termasuk sangat murah. silahkan dicari di Pati.

3. Kepiting asam manis

Kepiting asam manis
nandangwuyung.blogspot.com

Menu seafood tidaklah sulit kita dapatkan di daerah pesisir pantai seperti Kota Pati. Banyak sekali inovasi-inovasi menu makanan yang di sajikan. bahan utamanya adalah seafood. Seperti menu Kepiting Asam Manis ini.

Mendengar namanya pasti kita sudah bisa membayangkan rasanya, yaitu asam dan manis. Tapi serunya, menu ini masih jarang dicari di Pati. Hanya restoran besar saja yang menyediakan Menu tersebut seperti Rumah Makan Sapto Renggo Baru.

Rasanya sungguh gurih, bayangkan saja Kepiting dimasak dan di bumbui dengan saus tiram dan kecap manis di campur dengan lada dan memakai bumbu dasar ( bawang,cabe,tomat). Pasti rasanya sangat nikmat.

4. Jangan Tewel Pati

Jangan Tewel
Jangan Tewel yang membuat selera makan nambah

Kita pasti mendapatkan menu sayur kuah nangka dimana-mana. Begitu juga di Kotanya Soimah ini. Jangan tewel di kota ini disajikan diatas Daun Jati yang segar. membuat aroma bumbunya terasa sangat sedap di depan kita.

Kamu bisa mendapatkan menu ini di berbagai wilayah penjuru pati seperti di Desa Tambakromo. Banyak sekali pelancong yang melewati kota Pati ingin merasakan Jangan tewelnya orang Pati.

5. Nasi Gandul Pati

Nasi Gandul
Facebook.com

Makanan favorit orang pati salah satunya adalah Nasi Gandul plus teh anget. Dimana-mana banyak sekali yang memesan seperti itu. Menu nasi gandul Pati adalah Jeroan, Lidah atau bahkan daging sapi/kambing sebagai bahan utama.

Cara memasaknya pun unik. Semua bahan utama tersebut dicampur jinten, kencur, jahe, gula merah sampai terasi yang sudah dibakar. Itu yang membuat aromanya sangat lezat. Restoran bahkan warung makan yang menyediakan menu Nasi Gandul selalu ramai dan habis oleh pembeli.

Nasi Gandul menjadi menu sejuta ummat di Pati. Menikmati Nasi gandul lebih nikmat dengan Tempe mendoan, Bakwan atau perkedel yang masih hangat.

6. Opor Saudah

Opor Saudah
jajanbaso.com

Opor Saudah bisa kita temukan di Utara Pati di desa Gunung Wungkal. Bedanya Opor Saudah dengan opor biasanya adalah potongan ayamnya yang sangat besar.

Biasanya menu opor ini di sajikan dengan Sayur tewel, tahu/tempe, sambel dan gorengan. Harganya juga sangat murah untuk pelancong yaitu sekitar Rp 10.000 an saja.

7. Mangut Kepala Ikan Pari

Mangut Kepala Ikan Pari
pikram.com

Menu ikan laut ini menawarkan menu seperti gulai yang pedas khas pati. Karena menu Mangut ini terkenal hot, tidak jarang para penikmatnya pasti keluar keringat bercucuran sampai basah sebab lezatnya.

Menu sajian ini sangat cocok untuk siapa saja. Menunya menggunakan santan dan kunyit dengan nilai kepekatan yang sesuai kebutuhan karena untuk mengimbangi aroma ikan asap yang menjadi bahan utamanya. Biasanya berwarna kuning dengan kuah kental bagi yang tidak kuat pedas, tapi ada yang encer dengan warna kecoklatan bagi yang suka pedes.

Ada beberapa tempat yang menjual menu ini di Pati seperti di Warung Pak Bodong Jl Pati-Rembang km 17. Banyak sekali traveler yang memilih beristirahat dan makan disana.

8. Kotokan Gereh Tongkol

Kotokan gereh Tongkol kuah
ayousaha.com

Menu khas Pati satu lagi adalah Tongkol. Kotokan Gereh Tongkol sendiri adalah terbuat dari ikan tongkol yang sudah di asinkan dan dimasak langsung dengan santan. Dicampur menjadi satu dan dibungkus dengan daun pisang.

Kotokan gereh Tongkol

Bahannya terdiri dari Kelapa, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, terasi, daun salam, mentega, lengkuas dan garam.

Menu ini biasanya disajikan sedikit pedas untuk menambah kelezatan kotokan gereh tersebut. Banyak sekali di temukan di Kota pati menu tersebut. Rasanya sangat gurih karena di campur dengan rempah-rempah yang tidak ada di Belanda.

9. Tape Kuwawur Sukolilo

Tape Kuwawur Sukolilo
Tape Kuwawur Sukolilo

Tape di desa Kuwawur Sukolilo ini sangatlah terkenal tidak hanya di Pati saja, tetapi sampai di luar Pati. Bahkan banyak sekali permintaan tape ke luar kota. Tape yang dikirimkan biasanya belum yang matang banget, supaya bisa pas ketika di sajikan ke pembeli.

Tape ini sangat khas pati karena pembuatannya yang berbeda. Tape ini sangat empuk dan renyah di konsumsi. Silahkan mencoba makanan khas dari Pati ini.

10. Swike Ayam Jiwonolo

Swike Ayam di Pati

Swike ayam/bebek di Pati kidul sangat terkenal. Salah satu yang paling ramai adalah Swike Pak Bambang.

Jl. Jiwonolo Pati (depan gapura Juwanalan). Klo dari perempatan bank BCA ambil arah ke selatan.
jam buka: 17.00-00.00
hp/WA: 0812 – 2524 – 7096
Bisa juga delivery area: Pati Kota
harga: mulai dari 1.500 – 15.000

11. Kerang kiloan Plat K

Menu Kerang yang gurih dan lezat

Warga pati sepertinya di manjakan dengan menu seafoodnya. Karena Pati berada tepat di Pantai Utara yang terkenal dengan ekosistem ikan lautnya yang berlimpah.

Lain dari itu, di daerah Pati selatan ada menu unik yaitu Kerang kiloan Plat K (yaitu kerang direbus dan di beri bumbu khusus) . Disini menjual menu kerang yang gurih dan lezat. Coba aja bagi kamu yang lagi di Winong.

Alamatnya di Jl. Ahmad Yani
FB: kerang kiloan plat K
Sebelah barat taman Winong kota/ depan rumah makan rindang
Jam buka: jam 4 sore sampai jam 9 malam
Hp/WA: 087831381456
Bisa delivery area: Pati kota

Masih banyak khasanah wisata Kuliner di Pati. Ada yang seperti Empek-empek Pati yang mempunyai campuran cakwe,lumpia, bakwan. Ada juga Tahu Gimbal udang jumbo, Bakso telur asin seperti di akunnya @makandipati , dan masih banyak lagi.

Silahkan explore masakan tadi di Kota Pati yang terkenal kental dengan budayanya. Salam Traveler.

Pos terkait