7 Pantai di Aceh yang indah mempesona beserta ulasannya

  • Whatsapp
7 Pantai di Aceh yang indah
7 Pantai di Aceh yang indah

Daerah Nanggroe Aceh Darussalam lebih tepatnya di sabang sangat terkenal dengan wisata pantainya. Itulah kenapa negara ini di kenal dengan negara kepulauan. Karena mempunyai panjang pantai nomer dua sedunia. Inilah 7 Pantai di Aceh yang sangat indah dan rekommended untuk di kunjungi.

Jangan lupa untuk mencari rekomendasi Hotel yang murah di Sabang Sesuai budget.

Bacaan Lainnya

Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih

pantai ini di kenal dengan Surga yang tersembunyi di Pulau weh. Perahu perahu kecil yang mengambang seolah menjadi saksi keindahan Pantai Iboih. Airnya yang sangat jernih membuat mata kita mengira perahu itu terbang di atas tanah.

Pantai yang terkenal dengan Teupin Layeu ini berada di seberang tepi barat Pulau Weh yang terkenal di masyarakat, atau bisa juga dikenal pulau Weh, di bagian utara Aceh.

Pantai ini seolah di lindungi oleh hutan di sekelilingnya. Pantai yang terhampar indah menyerupai sebuah bibir seksi membuat kita semakin betah dengan keasrian dan kejernihan air lautnya.

Disini kamu bisa mandi, menyelam, snorkling, dan eksplorasi ke dalam hutan. Banyak sekali penginapan di daerah pantai Iboih. Mayoritas bergaya bungalow baik di pantai, pusat desa bahkan sampai di belakang dekat dengan hutan.

Pantai Tapak Gajah

Pantai-Tapak-Gajah-Sabang

Di wilayah paling barat di Indonesia, Pantai Tapak Gajah menjadi salah satu tempat wisata terfavorit untuk Snorkling, Berenang dan menikmati keheningan suasana alam. Banyak sekali sejarah sangat lama semenjak di temukannya pantai yang mempunyai garis pantai putih yang sangat menawan ini. Salah satunya adalah di temukannya Masjid Gampong Jurong Keramat yang berada tepat di samping pantai.

Sejarah nama “Pantai Gajah” memang belum jelas. tetapi ada sedikit informasi yang di terima dari warga sekitar yaitu Seorang warga menemukan prasasti yang berbentuk seperti kaki gajah. Karena temuan itu, mereka menggunakannya sebagai nama desa disana. Sedangkan untuk nama pantai, warga menggabungkan kedua nama tersebut untuk mempermudah sebutan pantai tersebut.

Suasana dasar laut yang jernih dan karang yang sangat menawan, disarankan bagi kamu yang mau snorkling membawa kamera bawah air untuk memotret secara langsung keindahan karang dan ikan-ikan disana.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Tapak Gajah, hanya sekitar 5 menit dari kota Sabang atau hanya sekitar 1.5km. Rute terbaik lewat Jl Tengku Cik Ditiro.

Pantai Sumur Tiga

Pantai-Sumur-Tiga-yang-cocok-untuk-wisatawan
Pantai-Sumur Tiga Aceh

Masih di Pulau Weh, tepatnya di gampong Ie Meulee. Pantai Sumur Tiga lumayan ramai di kunjungi wisatawan dalamnegeri dan mancanegara. Itulah kenapa para pengelola melengkapi tempat wisata Pantai Sumur Tiga ini dengan Diving di bawah laut dan snorkling.

Pantai yang sangat biru dengan panorama yang sangat indah ini, dilengkapi keindahannya dengan banyaknya pohon kelapa yang menyampaikan pesan sepoi-sepoi angin ke para wisatawan yang datang.

Sejarah dinamakan Pantai Sumur Tiga karena memang disana memiliki tiga sumur air tawar. Sehingga untuk mempermudah panggilan warga setempat memberi nama Pantai Sumur Tiga. Di lain sisi juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang. Yaitu, banyaknya benteng sisa Pendudukan Jepang yang sudah tidak terawat, namun benteng tersebut masih bisa kita temukan di wilayah pantai Sumur Tiga tersebut.

Karena suasana yang sangat mendukung, Pantai Sumur Tiga membuat para wisatawan bisa menikmati kesyahduan alam bahari ”Tanah Rencong”.

Pantai Anoi Itam

Pantai-Anoi-Itam-yang-eksotis-dengan-warna-pasirnya

Pantai ini memberikan kesan berbeda. Karena mempunyai pasir pantai yang hitam yang sangat eksotis dan ada juga pemandangan menawan benteng dan laut bebas. Pantai Anoi Itam bisa jadi menjadi salah satu pantai terbaik yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam.

Pantai yang berlokasi 14km di sisi timur Kota Sabang. Pantai ini tepat berada di Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pantai Anoi Itam mungkin salah satu pantai terbaik yang di miliki Indonesia karena mempunyai pasir hitam yang menawan.

Sejarah nama Pantai Anoi Itam ini adalah dari bahasa setempat. Anoi berarti pasir, dan itam berarti hitam. Sebenarnya, dalam bahasa Aceh, pasir disebut ano tetapi orang Lamnga sering menambahkan akhiran ‘i’ pada pengucapannya, sehingga kata ano menjadi anoi. Dari situlah nama Pantai Anoi Itam terus berkembang dan semakin dikenal luas.

Konon, Pasir hitam yang di miliki pantai ini adalah berasal dari Gunung Berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Pasir hitam ini mengandung nikel yang beratnya 3 kali lipat dari pasir hitam lainnya. Jika kamu tidak memakai alas kaki, maka akan terasa perbedaannya kalau pasir hitam ini memang benar-benar lebih berat dari pasir biasanya.

Image Pantai Anom Itam

Dengan Pasirnya yang hitam, besar (namun tidak kasar), lautnya yang sangat biru, deburan ombak yang besar, dan bukit-bukit di sekitarnya, angin yang sangat sepoy-sepoy, benar-benar membuat pantai ini sangat spesial. Menurut penulis, Keindahan dan keunikan pantai Anoi Itam ini tidak dimiliki oleh pantai lain di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

Satu lagi yang spesial di sekitar pantai anoi itam adalah penjual rujaknya yang sangat enak. Suasana pantai yang segar di pagi hari ditemani Rujak Aceh dengan taburan kacang goreng diatasnya cukup membuat selera makan jadi berlipat-lipat. Menu yang cocok buat kamu setelah mandi dan berenang di pantai Anoi Itam.

Pantai Gapang

Pantai Gapang
Pantai Gapang

Di sabang memang mempunyai kekayaan bahari yang luar biasa. Kota di barat Indonesia ini Menjadi kota terbesar yang ada di Pulau Weh. Salah satu wisata Pantai di Sabang ini adalah Pulau Gapang. Di pantai ini banyak sekali pohon pohon gapang yang berdiri menjulang tepat di sekitar tepian pantai yang bersih dan teratur.

Keindahan Pulau Gapang bisa membuat para fotografer mendapatkan inspirasi view disana. Banyak obyek-obyek menarik yang bisa di posting di media sosial. Bagi yang suka menyelam, Ada pula resort penyelam yang memiliki fasilitas menyelam dengan biaya sekitar Rp250.000,00.

Di pantai gapang terdapat banyak sekali wisata kuliner. Seperti, Gapang Jaya Restaurant, Zero, Buchari’s Limbo Restaurant, Barracuda Restauran.

Selain Pantai Iboih, rumah karang di Pantai Gapang juga tidak kalah menarik. Di sana, Anda bisa menjumpai spesies-spesies langka seperti Frog Fish, Star Gazers dan Gurnards. Kamu juga bisa menemukan Mantas, hiu paus dan Mola Mola, dan mencoba memberi makan mereka. Namun, kegiatan itu juga hanya bisa dilakukan pada musim tertentu, maka sebaiknya cari informasi terlebih dulu tentang kapan waktu terbaik untuk melakukannya.

Pantai Lampuuk

Pantai-Lampuuk

Wisata ke Pantai Lampuuk dulunya adalah tempat wisata terfavorit warga aceh sebelum bencana Tsunami akhir 2004 dulu. Pantai ini pasti ramai pengunjung, baik dari Banda Aceh, Melaboh, atau daerah-daerah lainnya. Di kelilingi pasir putih yang elok di mata dan pepohonan pinus yang rindang, tempat ini menjadi tempat yang paling pas untuk melepas penat fikiran.

Pengelola tetap yakin dan percaya, meskipun telah di terpa bencana dahsyat, badai pasti berlalu. Oleh sebab itu, pantai ini sekarang di integrasikan dengan beberapa objek wisata lainnya di Aceh, seperti Pulau Weh, Danau Laut Tawar, dan Dataran Tinggi Takengon.

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai bersih sepanjang sekitar 5 km. Pantai ini berpasir putih bersih nan lembut, air laut berwarna biru kehijauan, dan ombak yang bersahabat untuk para peselancar. Ke arah daratan terdapat pepohonan pinus yang rimbun dan lebih jauh lagi terlihat deretan pegunungan yang hijau.

Di pantai lampuuk juga menyediakan wisata kuliner yang akan memanjakan lidah kamu semuanya Seperti ikan bakar. Contoh restoran terdekat : Rumah Makan Spesifik Aceh, Solong Coffee, Sate Matang D’Wan, Warung Kopi Solong, Gerobak Cokelat Aceh, Akhyok’s Burger Shop dan masih banyak lagi.

Perjalanan di tempuh hanya 20 menit dari kota Banda Aceh. Pantai ini juga tidak jauh dari terminal ferry Ulhee Leu. Pantainya sangat bersih, dengan air yang tenang. Cocok untuk membawa anak-anak berenang di pantai ini sambil menikmati sunset yang sempurna. Biaya masuk hanya sekitar Rp 5.000.

Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue aceh
Pantai Ulee Lheue Aceh

Pantai Ulee Lheue terkenal dengan sunsetnya yang bikin gregetan. Pantai Ulee Lheue berlokasi di Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh, Aceh. Di sinilah terletak pantai dan Pelabuhan Ulee Lheue. Lokasinya mudah diakses karena dekat pusat kota. Sekitar 15 menit berkendara dari Pusat Kota melewati Blang Padang dan Punge Blang Cut.

Tempat ini cocok untuk wisata bersama keluarga, melepas penat usai bekerja atau hanya sekedar hang out dengan sahabat melewati senja bersama. Seperti Pantai Lampuuk, Pantai Ulee Lheue juga terdampak Tsunami 2004 yang membuat Pemerintah daerah harus merehabilitasi wisata di Pantai ini. Salah satunya adalah dengan membangun tanggul pengaman dan jalan dua jalur yang menghubungkan Banda Aceh menuju pelabuhan penyeberangan. Oleh sebab itu, Ulee Lheue tetep mempesona dengan keindahannya.

Kepuasan Wisata di Pantai Ulee Lheue

Pantai yang mempunyai panorama menawan di siang dan malam hari ini juga bisa ikut menikmati wisata lain selain berenang. Yaitu, mencoba permainan air seperti bebek air atau menyewa boat kecil untuk sekedar memutar mengelilingi pantai. Selain itu, kawasan ini juga dipenuhi pemancing yang ingin memancing ikan karang seperti ikan kerapu atau rambe. Kamu bahkan bisa berkoordinasi dengan nelayan setempat untuk meminjam atau menyewa perahu dan memancing ke laut.

Dan di sore hari menunggu Sunset, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan di tepi pantai. Ada yang berjualan kelapa muda, jagung bakar, siomay, sate dan makanan ringan lainnya. Selain dikenal dengan wisata alamnya, Ulee Lheue juga dikenal dengan wisata kuliner.

Tidak ada biaya masuk di Pantai Ulee Lheue. Akan tetapi, Pantai ini hanya di buka dari Jam 07.00 sampai sam 18.00 saja. Beberapa akses menuju ke lokasi adalah dari Kota Banda Aceh – Jl. Elang – Jl. Banda Aceh – Jl. Lintas Timur Sumatera melalui Jl. Sultan Iskandar Muda – Jl. Pelabuhan Lama Ulee Lheue.

Masih banyak sekali beberapa Pantai di Aceh yang belum kami sebutkan. Di artikel selanjutnya insyaallah akan kami jelaskan lebih detail.

Pos terkait