Seribu Batu Songgo Langit, Negeri Dongeng di Bantul Yogyakarta

  • Whatsapp
Seribu Batu Songgo Langit

 

Dulu, Bantul hanya memiliki Pantai Parangtritis untuk layak dikunjungi wisatawan. Tapi sekarang, destinasi wisata di bantul justru sedang naik daun. Banyak wisatawan rela menghabiskan masa liburannya hanya di Bantul Yogyakarta. Pada 2019, pernyataan ini bukan sesuatu yang mengherankan karena warga lokal Bantul benar-benar telah sukses mendesain Bantul menjadi daerah yang berdaya tarik tinggi di bidang pariwisata. Di antara destinasi yang mampu menyihir wisatawan adalah Seribu Batu Songgo Langit.

Bacaan Lainnya

Wisata ini bisa di katakan adalah destinasi favorit kaum milenial. Banyak sekali pengunjung di akhir pekan di dominasi oleh anak-anak muda. Banyak juga keluarga yang menghabiskan weekendnya disini.

Review Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Seribu Batu Songgo Langit merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukarame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Kawasan Mangunan seolah memang sengaja disuguhkan untuk wisatawan Jogja. Di kawasan ini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata selain Seribu Batu Songgo Langit. Karena sudah sangat populer di dunia kepariwisataan, kamu bisa ke sini memanfaatkan gps di ponsel pintar kamu.

Wisata ini sebenarnya sudah dibuka untuk umum pada 2016. pada kala itu hanya ada gazebo dan jembatan kayu saja sehingga dinilai kurang menarik jika dibanding dengan wisata-wisata di sekitarnya. Tim pengelola akhirnya menyadari dan membenahi tempat ini agar tidak kalah saing dengan memanfaatkan suasananya yang kurang lebih mirip dengan Hutan Pinus Mangunan. Dan sekarang kamu bisa menyaksikan sendiri hasil kerja keras pengelola tersebut.

Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, Wisata Seribu Batu Songgo Langit artinya Wisata Seribu Batu yang Menopang Langit. Memang agak hiperbolis tapi perlu kamu tahu bahwa di sini memang akan kamu jumpai tempat yang harus kamu perjuangkan dahulu agar bisa menikmatinya. Bukan hanya ada 1 lokasi yang bisa kamu pakai buat selfie dan hunting foto.

Kamu akan menemukan banyak spot foto di bawah. Kamu akan menemukan nuansa wisata yang menakjubkan. Batu-batu besar yang ditumpuk agar mendukungmu semakin fotogenic, kayu yang dijadikan tempat duduk, dan sebagainya. Kamu juga bisa berfoto di rumah hobbit yang tak kalah lucu dari rumah-rumah hobbit lainnya. Selain itu juga ada rumah kurcaci yang bernuansa alam karena gentingnya dihiasi dengan kumpulan daun-daunan yang menjalar berwarna coklat. Jadi, jika kamu ingin berfoto di sini sebaiknya kamu menggunakan OOTD yang berwarna terang sehingga tidak tampak seolah kamu sedang berkamuflase.

Di sini kamu juga ditawarkan jembatan-jembatan yang instagramable buat dijadikan spot selfie. Ada jembatan jomblo dan jembatan lain yang dibungkus epic untuk dapat dijadikan spot foto. Dan yang bisa jadi pembeda dari lokasi wisata lain adalah di sini kamu juga bisa uji adrenalin dengan menaiki wahana flying fox yang hanya dibanderol Rp 15000,- saja.

Jika ingin berganti suasana kamu harus berjalan kurang lebih 1 km ke atas dengan jalanan yang agak becek ketika musim hujan datang. Tapi tenang, kamu tidak akan menyesal jika sudah sampai tujuan. Karena di Puncak Songgo Langit kamu bisa melihat landscape Kabupaten Bantul yang begitu menawan. Di puncaknya kamu akan disambut oleh keindahan alam dilengkapi dengan spot foto yang unik. Salah satunya ada kincir angin ala-ala Belanda. Kamu hanya perlu membayar seikhlas kamu untuk bisa berfoto di spot-spotnya. Dan satu lagi, di Puncak Songgo Langit kamu bisa bermain ayunan yang memang disediakan untuk bersenang-senang.

Selain spot foto dan keindahan lukisan alam tentu saja Wisata Songgo Langit ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum agar kamu tetap nyaman menghabiskan hari di sini. Di antara fasilitas-fasilitas tersebut adalah parkiran yang luas, kamar mandi, musholla, dan beberapa warung makan agar kamu tetap bertahan walaupun perut mulai meraung kelaparan.

Wisata seribu batu songgo langit dari atas

Rute, Lokasi dan Harga tiket masuk

Untuk sampai di sini kamu bisa memulai perjalanan dari Yogyakarta. Melalui ringroad selatan atau lainnya kamu bisa menuju Terminal Giwangan. Setelah itu ke selatan melalui Jalan Imogiri. Kamu bisa melanjutkan perjalanan sampai pasar Imogiri kemudian lanjutkan saja sampai Desa Mangunan. Jika sudah sampai sini kamu akan melewati jalan yang lumayan menanjak dan berkelok. Jadi tetap hati-hati ya. Jangan ngebut! Tak jauh dari Desa Mangunan kamu akan menjumpai Restoran Bumi Langit yang searah dengan Watu Goyang dan sebentar lagi kamu sampai di tujuan, Wisata Seribu Batu Songgo Langit.

Menikmati wisata ini kamu tidak perlu banyak mengeluarkan uang karena untuk parkir hanya dikenai tarif Rp 2000,- per motor atau Rp 5000,- untuk mobil. Sedangkan harga tiket masuk seribu batu songgo langit kamu hanya harus membayar Rp 3000,- per orang.

Jam buka seribu batu songgo langit adalah dari jam 08:00 sampai jam 17:00. Selamat liburan!

Baca juga : Bukit Panguk Kediwung, Wisata yang Gak Ada Matinya

Pos terkait