Tempat Wisata di Cilacap yang terbaik dan terbaru

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Cilacap

Niagawisata.com – Cilacap merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Kota ini letak Geografisnya ada di ujung pesisir pantai Selatan. Di seberangnya terdapat “Lapas” yang sangat terkenal yaitu LP Nusakambangan.

Terlepas dari itu semua, Kota Cilacap mempunyai destinasi Wisata yang sangat indah. Banyak sekali yang bisa kamu kunjungi.

Bacaan Lainnya

Bahkan ada beberapa Tempat Wisata di Cilacap yang sangat familiar sampai luar Jawa seperti Pulau Nusakambangan.

Baca juga : Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah
Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah

Untuk anda yang datang ke Kabupaten Cilacap, inilah beberapa pesona alam yang dapat anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Explore Tempat Wisata di Cilacap

1. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan

Seperti yang banyak orang ketahui. Banyak orang menganggap di telinga mereka bahwa Nusakambangan adalah tempat penjara paling menyeramkan di Indonesia.

Tapi jangan salah persepsi. Meskipun para penjahat kelas kakap di tempatkan disini, tidak serta merta tempat ini jadi menyeramkan karena pengamanannya yang berlapis-lapis.

Nusakambangan adalah sebuah Pulau yang mempunyai pemandangan alam laut yang sangat indah. Itulah sebabnya tempat ini selalu ramai pengunjung.

Pulau ini mempunyai Pasir putih dan dikelilingi hutan yang masih asri. Untuk sampai disini kamu hari naik sampan/perahu kecil dengan biaya sekitar Rp 15.000,-. Sesampainya di lokasi kamu akan mendapati para pedagang yang memadati lokasi wisata.

2. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Dinamakan Pantai Teluk Penyu karena ceritanya dulu di kawasan pantai terdapat banyak sekali penyu yang berkeliaran bebas. Namun seiring banyak sekali orang-orang berdatangan, penyu-penyu tersebut seakan musnah dan musnah entah kemana.

Meskipun demikian Pantai ini masih mempunyai daya tarik wisatawan karena keindahannya. Pantai ini tidak disarankan mandi karena mempunyai ombak yang besar bahkan terkenal pemecah ombak karena kita bisa menyusuri ombaknya sampai ke ujung.

Untuk menambah keseruan, pengelola menyediakan beberapa wahana seperti Speed boat dan Banana Boat. Banyak sekali wisata kuliner khas Cilacap yang bisa kamu temukan disini. Biaya masuk Pantai Teluk Penyu mulai Rp 5.000,- Rp 15.000,

3. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat Cilacap

Perjalanan ke Pantai ini harus naik sampan kecil dan jalan kaki yang sedikit terjal. Sesampainya di lokasi kamu bisa melihat monyet-monyet yang berkeliaran bebas disana.

Airnya bersih, Pasirnya Putih, Suasananya nyaman dan damai. Untuk bisa melihat banyaknya terumbu karang, usahakan datang waktu air laut surut.

Pantai ini adalah salah satu keindahan alam yang ada di balik Pulau Nusakambangan. Tidak disarankan berenang di sini karena ombaknya kurang besahabat.

4. Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut Cilacap
@tiwi_cha

Tempat Wisata ini adalah sebuah gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa seperti Desa Kleces, Desa Ujung Alang, Desa Ujung Gagak dan Desa Panikel. Lokasinya bisa di katakan berseberangan dengan Provinsi Jawa Barat.

Kampung Laut ini mempunyai hutan Mangrove yang sangat indah dan eksotis. Untuk menuju lokasi, ikuti Maps ini.

Selain itu banyak potensi jelajah wisata di Kampung Laut, diantaranya, kerajinan batik khas masyarakat kampung laut dengan motif-motif mangrove, ikan, udang dan kepiting. Ada sekitar 10 motif yang sudah dikembangkan oleh warga Kampung Laut sejak 2015 lalu.

5. Pantai Jetis

Pantai Jetis Cilacap
@anggi_ast_

Di Pantai Jetis ini kamu akan mendapati banyak sekali orang yang menjajakan seafood. Kekurangan pantai ini adalah kita tidak bisa mandi karena ombaknya yang kurang bersahabat.

Kamu bisa berfoto ria disini dengan bebas. Harga tiket masuk sekitar Rp 2000 – Rp 5000. kamu juga bisa menyusuri pantai dengan menyewa kuda dan atau sepeda motor.

6. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan bisa adalah pantai kecil di Pulau Nusakambangan yang mempunyai pemandangan alam yang elok sekali. Masyarakat sekitar sering menjulukinya Pantai Karang Bolong.

Pasirnya putih dan bersih serta air lautnya berwarna biru jernih. Pantai ini seperti bersembuyi di balik bukit yang mengelilinginya. Sungguh pengalaman yang sangat indah bisa kesini.

Untuk sampai kesini kamu harus meniki perahu kecil dari Teluk Penyu sekitar 5-15 menit. Fasilitas bisa di bilang cukup karena ada Musholla sampai penginapan kecil disini.

7. Pantai Permisan

Pantai Permisan
Via @bayudwst

Untuk bisa ke Pantai Permisan bisa terbilang tidak mudah, karena kamu harus mendapatkan izin khusus dari pengelola. Pantai ini dijaga langsung oleh aparat TNI karena sering ada kegiatan militer disini. Kadang sesekali kita melihat narapidana Nusakambangan.

Pantainya indah dengan ombak yang deras. Batu karang yang berdiri menjulang dan banyaknya hewan kerang membuat kamu harus hati-hati ya ges.

8. Pantai Kamulyan

Pantai Kamulyan

Pantai ini mempunyai udara yang fresh dengan pasir hitamnya. Sangat pas jika kita datang di pagi hari sambil melihat Sunrise. Pantai Kamulyan di kenal lebih menarik dari Teluk Penyu, akan tetapi kebersihannya mendapatkan nilai negatif dari pengunjung.

Ada beberapa penjaja makanan ringan yang bisa membuat kita betah berlama-lama disini. Terbaru, fihak pengelola yang bekerjasama dengan Pemerintah kota Cilacap telah menanam sedikitnya 500 batang Pohon Ketapang di kawasan Pantai Kamulyan.

Masih belum ada tiket masuk ke lokasi pantai. Kamu hanya perlu membayar uang parkir kendaraan saja.

9. Wisata Air Kolam Sari Donan

Wisata Air Kolam Sari

Bagi warga Cilacap dan sekitarnya yang ingin menikmati weekend bersama keluarga bisa mengunjungi Tempat Wisata Air Kolam Sari. Terletak di Jl. Kolam Sari No.52 RT.06/23, Prenca, Donan, Kec. Cilacap Tengah.

Tempat ini sangat rekomended karena mempunyai wahana-wahana air baru yang ada di Cilacap. Wisata di malam harinya juga tidak kalah menarik.

Disini kamu bisa menyewa speedboat sekitar Rp 35.000,- an untuk berkeliling kawasan bahkan bisa melewati Nusakambangan. Ada juga Jetsky, Perahu Compreng Bahkan perahu Bebek untuk menikmati wisata air disini.

10. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana
Via @elmayulianti455

Pantai Kali Kencana sangatlah menjadi rekomendasi selanjutnya. Meskipun untuk sampai disini kamu harus menempuh 2-3 jam perjalanan dari pulau Nusakambangan dengan kapal kecil, tapi capek kamu akan terobati dengan keeksotisan tempat ini.

Banyak sekali yang menjulukinya Hidden Paradise, karena masih jarang pengunjung yang tahu tempat ini. Pantai indah ini ada di Selatan Pulau Nusakambangan. Atau langsung menghadap Samudera Hindia. Kamu bisa berfoto-foto disini dengan pemandangan yang sangat kaya dan tiada duanya.

11. Pantai Karang Bandung

Pantai Karang Bandung

Karena Indah itu gak perlu mahal, nyaman itu nggk perlu mewah, maka Pantai Karang Bandung adalah salah satu solusinya. Spotnya bagus meskipun sedikit bergantung dengan mood angin laut.

Di tempat ini kamu bisa camping dan memancing, karena banyak ikan di pinggir-pinggir karang pantai. Pantai ini konon adalah tempat dimana terdapat Bunga Wijayakusuma, ikon kota cilacap “Bercahaya”.

12. Pantai Bunton

Pantai Bunton

Lokasinya di Area Sawah/ Ladang dan Laut, Area Sawah/ Ladang, Bunton, Kec. Adipala, Cilacap. Kamu bisa bersantai ria dengan orang-orang tercinta sambil menikmati sunset.

Pantai ini berpasir Coklat. Pemandangannya masih alami dan segar. Selain kamu bisa melihat langsung ombak besar Samudera Hindia, kamu juga bisa melihat pemandangan bukit Selok langsung atau Srandil serta Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kamu bebas berfoto ria dan bermain disini.

13. Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung mempunyai ombak yang deras dan tinggi. Bagi kamu yang suka surfing bisa juga menikmati derasnya ombak Pantai di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap ini.

Untuk kamu yang tidak membawa bekal, jangan khawatir Disini banyak sekali penjaja makanan ringan seperti arem-arem/lontong, mendoan dan air mineral.

16. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong
Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong sejatinya adalah Benteng lawas bekas Kolonial di Pulau Nusakambangan. Benteng ini terkesan angker karena jarang di jamah oleh manusia. Terlihat jelas akar-akar pohon yang bahkan sampai mengelilingi mulut Goa.

Untuk sampai kesini, kamu harus berjalan sekitar 700m. Seiring berjalannya waktu, mulai berdatangan pengunjung yang ingin melihat jelas benteng bersejarah ini.

18. Hutan Pinus Karang Gedang

Hutan Pinus Karang Gedang
Hutan Pinus Karang Gedang

Hutan Pinus ini terletak di Sidareja, tepatnya di Desa Karanggedang, Sidareja, Cilacap.Tempat wisata ini sering dijadikan wisata edukasi alam oleh sekolah dan instansi sekitar.

Pemandangannya masih sangat asri. Kamu bisa berswafoto disini bareng teman-teman.

19. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Udara dan tempatnya masih sangat sejuk. Benteng ini mempunyai sejarah yang kental. Dulunya di pakai untuk markas pertahanan Belanda dari serangan pribumi.

Kamu bisa mengexplore wisata di Benteng Pendem ini dengan mengabadikannya lewat foto-foto. Harga tiketnya sangat terjangkau dan jangan khawatir, di dalam banyak stand souvenir-souvenir bahkan makanan.

21. Curug Mandala

Curug Mandala

Tempat Wisata di Cilacap selanjutnya adalah Curug Mandala. Wisata air terjun ini terletak di Desa Mandala, Cilacap. Curug ini masih alami dan menyatu dengan alam. Cocok buat kamu yang pengen menikmati wisata alam.

Harga tiket masuk hanya Rp 3000,-. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus melewati jalan setapak. Tapi never mind, capek kamu akan terbayarkan setelah sampai dan melihat keindahan Curug Mandala.

22. Hutan Kemit

Hutan Kemit

Tempat wisata di Cilacap satu ini bisa di katakan wisata kekinian dan instagramable karena dikelola sedemikian rupa untuk kaum millenial.

Harga tiketnya lumayan terjangkau sekitar Rp 20.000,-. Di dalamnya juga mempunyai wahana-wahana menarik seperti Flying Fox, Sepeda Gantung, Ayunan di atas tebing dan masih banyak lagi.

23. Pantai Kemiren

Pantai Kemiren

Pantai ini sangat sempurna saat di datangi pagi hari. Dengan pasir hitam dan angin sepoy-sepoy membuat suasana sangat sendu.

Untuk kamu yang lagi suntuh, kesini aja. Siapa tau ada bidadari atau pangeran yang lagi lewat di depan kamu disini.

24. Hutan Payau

Hutan Payau

Tempat Wisata Hutan Payau selalu ramai di hari hari libur. Karena banyak sekali warga yang ingin berlibur bersama keluarga disini. Suasananya sangat adem karena berlindung di Pohon Bakau.

Untuk kamu yang lagi kasmaran, suasana sore hari menjelang sunset, pemandangannya sangat seksi. Sungguh cocok sekali bagi kamu yang suka momen romantis, Tempatnya sangat instagramable dan kamu dijamin betah.

25. Pantai Sodong

Pantai Sodong Cilacap

Pantai ini terletak di Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap. Disini kamu bisa bersantai sambil menunggu keluarga/teman berenang dengan mencari menu makan di sekitar.

Tiket masuk free dan banyak sekali kamar mandi untuk bilas. Sayangnya tempat wisata ini belum sepenuhnya di tata rapi oleh pemerintah setempat.

26. Waterpark Tirtamas Indah

Watermark Tirtamas Indah

Waterpark Tirtamas Indah merupakan salah satu waterpark terlengkap di Cilacap. Tempat wisata air ini di lengkapi berbagai wahana-wahana menarik seperti Kolam dewasa, kolam anak, Ember tumpah, Papan seluncur, Playground, becak mini dan masih banyak lagi.

Di Akhir pekan biasanya sangat ramai. Tiket sekitar Rp 23.000 – Rp 25.000. Parkir motor Rp 2000, mobil Rp 5000.

27. Waterpark Sentul Cilacap

Watermark Sentul Cilacap

Waterpark Sentul Cilacap juga menjadi rujukan warga Cilacap dan sekitarnya untuk menikmati liburan atau waktu luang. Lokasinya di Jalan Gatot Subroto No. 8, Sidanegara, Cilacap Tengah, Klempang, Gunungsimping, Kec. Cilacap Tengah, Cilacap.

Fasilitasnya kurang lebih sama dengan Waterpark lainnya. Tetapi Waterpark ini memounyai keunikan karena mempunyai atap di atasnya. Jadi kamu tidak akan merasa terkena terik matahari jika di siang hari.

28. Waduk Kubang Kangkung

Waduk Kubangkangkung

Berwisata akhir pekan bisa juga ke Waduk Kubang Kangkung.Pilihan destinasi wisata ke sini adalah bagi kamu yang ingin menikmati wisata santai dan tenang.

Harga tiket masuk sekitar Rp 7500 – Rp 10.000. Harga jajanan di dalam juga murah. Tempat wisata ini cocok buat keluarga kecil.

Pos terkait