Tempat Wisata di Cirebon

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Cirebon

Niagawisata.com – Banyak sekali daya tarik tempat wisata di Cirebon yang bisa kita nikmati. Geografis Cirebon sendiri terletak di utara pesisir Jawa yang lebih dikenal dengan jalur Pantura (Pantai Utara).

Selama ini Cirebon cukup terkenal dengan kerajinan batik dan menjadi penghasil kerajinan batik terbesar di Indonesia. Ada juga empal gentong yang sanagt

Bacaan Lainnya

Banyak juga tempat wisata religi di cirebon yang bisa dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata di cirebon yang harus di kunjungi :

1. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata CiwaringinObyek Wisata Ciwaringin sangat terkenal di mata Masyarakat sekitar dan bahkan luar kota cirebon. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Obyek wisatanya adalah pemandangan alam bebas dan sangat cocok untuk wisata keluarga kecil anda. Kamu bisa langsung berinteraksi bebas dengan pepohonan-pepohonan hijau nan rindang di sekitar. Kawasan khas disini adalah banyaknya pohon kayu putih yang berlimpah.

Untuk kamu yang suka memancing, ada Danau Ciranca di kawasan Ciwaringin yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu kamu. Serunya lagi mancing disini tidak dipungut biaya. Dan hasilnya bisa kamu bawa pulang juga.

Ada juga lahan khusus untuk Motor Cross yang selalu ramai di setiap ada event diadakan.

2. Desa Wisata Cikalahang

Wisata Alam CikahalangTempat Wisata selanjutnya adalah Desa Wisata Cikalahang. Disini kamu bisa menikmati wisata alam yang indah dan asri.

Kamu bisa menikmati enaknya ikan bakar yang khas. Lokasi ini adalah lokasi yang cocok bagi kamu warga perkotaan yang jenuh dengan penatnya kota. Kamu bisa bersantai disini dan berteman dengan alam bebas.

Sama dengan di Danau Ciranca, kamu bisa memancing disini. Serunya adalah kita bisa memasak ikan hasil pancingan kita sendiri seperti ikan nila, gurame, patin dan lain-lain langsung dilokasi. Restoran2 di sekitar siap memasak sesuai keinginan kita. Menu yang paling favorit adalah ikan bakar.

Warga di sekitar juga sangat ramah dan welcome dengan para wisatawan. Pengelola menyediakan wahana air seperti peyewaan perahu wisata, kolam renang dll.

3. Telaga Remis

Telaga RemisSalah satu daya tarik yang paling menonjol disini adalah banyaknya pohon pinus. Pohon-pohon ini sangat lebat dan liar yang membuat mata kita takjub karena pepohonan ini tumbuh liar dimana-mana.

Luas keseluruhan lokasinya adalah 13 hektar. Tetapi yang efektif digunakan hanya 3,25 hektar saja untuk telaga dan danau.

Nama Remis diambil karena banyaknya Kerang kuning yang banyak ditemukan di sekitar lokasi.

Tanaman-tanaman liar yang tumbuh di telaga remis sangat beragam seperti Pohon Malaka, Kosambi, Sonokeling dan bahkan Pisang Hyang yang terkenal langka. Wahana yang sering dipakai disini adalah sepeda air. Hsrga tiket masuk sekitar Rp 7500,-

4. Bukit Gronggong

Bukit GronggongBerada di dataran tinggi membuat Bukit Gronggong Cirebon ini selalu ramai pengunjung. Suasana angin segarnya membuat pengunjung betah berlama-lama disana karena banyak sekali kita temukan pohon-pohon lebat. Mayoritas pepohonan disana adalah pohon kersen yang selalu lebat di musim penghujan.

Kamu juga bisa bersantai sambil nongkrong di cafe-cafe yang ada di lokasi. Salah satu cafe yang terkenal adalah Kelapa Manis. Cafe ini mempunyai empat lantai.

Cafe ini lokasinya sangat romantis bagi kamu pasangan muda. Menu-menu yang disediakan juga lumayan lengkap seperti ikan bakar, ayam penyet, udang goreng, cah kangkung, sup iga dan lain-lain.

5. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas PalimananBanyu Panas Palimanan adalah salah satu tempat wisata di cirebon yang harus kamu kunjungi. Berlokasi di gempol atau sekitar 29 km dari pusat kota cirebon.

Bagi warga Palimanan dan sekitarnya percaya banyu panas ini mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit, jerawat dan penyakit tulang seperti rematik, keseleo serta ketombe.

Dengan luas 4 hektar kamu tidak akan merasa sempit wisata di sini. Mempunyai kolam untuk berendam dengan ukuran 10x15m. Terdapat jogging track dan gazebo yang akan membuat kamu nyaman untuk berlama-lama disana.

6. Waterboom Siwalk

Waterboom SiwalkWaterboom Siwalk ini sering disebut Taman Wisata Siwalk. Mmepunyai wahana yang lumayan lengka seperti kolam renang, villa penginapan, lapangan golf, tempat karaoke keluarga, bumi perkemahan, Out Bound, Lintasan ATV. Untuk wisata air seperti tempat pemancingan , area pain ball, dermaga perahu, dan masih banyak lagi.

Wisata Waterboom Siwalk terletak di Setu Petok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Fasilitas penunjuang yang lain yang juga di sediakan juga lumayan lengkap seperti Tempat bilas, lahan parkir, Musholla, Penginapan dan lain-lain.

7. Jempol Waterboom Cirebon

Waterboom JempolJempol Waterboom Cirebon sangat ramai pengunjung setiap harinya. Kamu bisa menikmati berwisata dengan keluarga kecil kamu seharian disini. Fasilitas yang di sediakan lumayan lengkap.

Berlokasi di Jl. Merdeka utara Km.233 pintu keluar tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp 25.000,-. Jam operasional dari 08.00-17.00.

8. Sentra Batik Trusmi

Sentra Batik TrusmiDi Cirebon terdapat Sentra Batik Trusmi yang sangat terkenal. Kawasan ini tidak kalah terkenal dari batik di Pekalongan, Solo yang familiar di telinga kita.

Terdapat sekitar 1000 an pedagang batik dengan bermacam-macam produk. Cirebon sendiri mempunyai macam batik khas yang menjadi kebanggan pengrajinnya. Secara keseluruhan batik Cirebon ada 5 kelompok yang bisa di bedakan semisal : Geometrik, Wadasan, Byur, Pangkaan (Buketan), dan Semarangan.

Kamu pasti ketagihan belanja batik saat ada di kawasan Batik Trusmi. Berlokasi di : Kawasan Batik Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon, Jawa Barat. Harga Tiket Masuk Rp 15.000,-. Jam Operasional dari 09.00-17.00.

Pos terkait