Tempat Wisata di Jambi Yang Hits dan Terkenal

  • Whatsapp
Tempat wisata di Jambi

Jambi merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera. Kota ini mempunyai semboyan khas yaitu “Tanah Pilih Pesako Betuah” yang artinya kota warisan dari Raja Jambi pada saat itu dan menandakan kota masyarakatnya ini rukun, aman, damai, makmur dan sejahtera jasmani dan rohaninya.

Itu yang membuat Kota Bumi Melayu ini sangat ramah untuk di singgahi. Wisata Jambi mulai ramai kunjungi para pelancong dari pelosok negeri bahkan mancanegara. Disini terdapat kawasan candi yang terluas di Indonesia yang mencapai 12 kali lipat luas candi Borobudur Magelang Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

Destinasi Wisata Jambi sekarang sudah mulai menjamur. Kamu tidak perlu khawatir dan bingung mana yang harus di kunjungi. Rekomendasi kami, pertama datangilah tempat wisata jambi terdekat dari daerahmu, lalu explore tempat wisata jambi yang lain yang lagi ngehits.

Niagawisata.com mencoba mengulas Tempat wisata di Jambi untuk anda…

1. Candi Muara Jambi

Candi Muara JambiCandi ini adalah peninggalan Hindu Budha terluas di Indonesia. Candi ini dipercaya adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu pada abad 11 Masehi.

Untuk mengitarinya saja di butuhkan setengah hari berjalan kaki karena mempunyai panjang 7km persegi dan lebar 12km. Jadi disarankan kamu menyewa sepeda yang sudah di sediakan. Candi Peninggalan ini sudah di daftarkan pemerintah ke UNESCO pada tahun 2009 silam.

Mayoritas pengunjung disini adalah orang yang suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Karena salah satu obyek wisata di jambi satu ini adalah mengandung artistik dan sejarah kuno kota jambi.

2. Gentala Arasy

Menara Gentara ArasyObyek wisata Jambi satu ini merupakan sebuah ikon bangunan islam yang “famous” di Jambi. Gentala Arasy adalah singkatan dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti. Disana terdapat Jembatan yang menghubungkan antara Jambi Kota dan Jambi Seberang meskipun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Gentala Arasy terdapat beberapa simbol-simbol islam mulai dari Museum, Menara, Mini Theater, kapal dermaga wisatawan. Untuk Museum, Diresmikan oleh Mantal Wapres Jusuf Kalla pada 28 Maret 2015. Museum ini menyimpan barang-barang bersejarah yang menandakan perjalanan ajaran agama islam di Jambi.

Terdapat juga naskah-naskah kuno islam, Surban, Jubah, Tasbih, Rompi, syal dan lain lain peninggalan Ulama Jambi. Untuk harga tiket masuk mulai Rp 2000,-. Lokasinya di Kasang, Kec. Jambi Tim., Kota Jambi.

Selain Museum ada juga Menara yang menjulang tinggi. Menara Gentala Arasy ada dua dan akan bercahaya di malam hari mulai jam 19:00 – 23-00. Karena kelap kelip malamnya, sangat cocok buat kamu untuk berswafoto sambil menikmati wisata malam Jambi.

3. Tugu Juang Jambi

Tugu Juang Jambi
via @lakopve

Tugu ini terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto No.4, Selamat, Kec. Telanaipura, Kota Jambi. Ikuti Google Maps ini. Banyak sekali makna tersirat dari relief yang kita temukan di tugu ini. Di dasar tugu terdapat relief melingkar yang menggambarkan semangat perjuangan warga jambi dalam membela tanah air mereka dari penjajah belanda.

Ada juga relief pengibaran bendera yang menandakan kemerdekaan Jambi dan Sindang  UNCI (United Nation Commision on Indonesia) di Muaro Tembesi.  Dengan berwisata disini kita akan mengenang banyak akan perjuangan para pahlawan-pahlawan Nusantara terutama di Jambi.

4. Jambi Paradise

Jambi ParadiseSelain sarat akan wisata sejarah, Jambi juga mempunyai destinasi kekinian yang wajib di kunjungi yaitu Tempat Wisata Jambi Paradise. Ini adalah sebuah danau buatan yang sengaja digunakan untuk tempat wisata.

Pengelola menyiapkan bermacam-macam wahana seperti jembatan gantung, sepeda air, ATV, naik Perahu, Flying Fox, memberi makan ikan di danau, bermain di zona Labirin dan masih banyak lagi. Dengan lahan sekitar 4 hektare tempat ini cukup luas dan cocok untuk wisata keluarga karena mempunyai pemandangan alam yang indah dan udara yang segar.

Ada juga spot foto yang bisa kamu abadikan seperti di gerbang masuk yang dihiasi penuh oleh tanaman plastik, ada juga kursi taman yang sangat bagus untuk berfoto. Tempat ini sangat cocok untuk alternatif tempat liburan di jambi saat ini.

Harga tiket masuk sekitar Rp 20.000,- weekday dan Rp 30.000,- weekend per orang. Pengelola juga menyediakan saung khusus. Bagi kamu yang berminat bisa menikmati dengan biaya Rp 50.000,-an. Lokasi Jambi Paradise berada di Simpang Acai, Kb. IX, Sungai Gelam, Kota Jambi. Untuk mempermudah klik Maps berikut.

5. Air Terjun Arai Indah

Air Terjun Arai IndahAir terjun di Jambi ini sangat indah karena mempunyai sungai yang sangat jernih dan segar. Untuk sampai disini ini kamu harus melewati treking sekitar 1 jam.  pemandangan di sekitar juga sangat indah jadi seakan tidak terasa perjalanan menuju air terjun Arai Indah.

Untuk sampai disini kamu akan menikmati beberapa air terjun lain yang indah . Tempatnya lumayan tersembunyi karena berada di tengah hutan.  Tapi tidak mengurangi minat wisatawan berkunjung .

Salah satu Air terjun di Jambi yang kami rekomendasikan ini mengalir dari ketinggian 20 m.  Kamu bisa mengambil foto di tempat wisata ini karena pemandangannya sangat bagus dengan pohon-pohon yang masih lebat dan rindang. Disarankan untuk menghindari datang di cuaca ekstrem atau hujan lebat karena bebatuannya lumayan licin. Lokasi Air Terjun Arai Indah berada di Mukai Pintu, Siulak, Kabupaten Kerinci. Klik Google Maps berikut untuk memudahkan.

6. Danau Kaco

Danau KacoDanau Kaco sangat terkenal di Kerinci Jambi. Bagaimana tidak, Danau ini mempunyai air sangat bening sekali seperti kaca. Banyak sekali dongeng atau cerita rakyat yang mengisahkan tentang adanya Danau Kaco ini.

Sebagian besar masyarakat percaya bahwa kebeningan Danau ini adalah Intan peninggalan Raja Gagak yang diberikan kepada Putri Napal Melintang. Ini menurut satu versi, masih ada banyak versi yang lain.

Akan tetapi kita tidak bisa menafikan keindahan danau kecil ini. Wisatawan yang datang ke sini selalu mengabadikan foto berlatar belakang danau kaco ini. Untuk yang ingin menikmati wisata ini lebih lama kamu bisa berkemah di sekitar Danau Kaco apalagi di malam hari keindahannya terpancar jelas karena pantulan dari cahaya bulan.

Danau Kaco ini terletak di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Jambi. Ikuti Maps berikut untuk memudahkan.

7. Danau Belibis

Danau BelibisKabupaten Kerinci memang terkenal mempunyai destinasi wisata yang melimpah. Salah satunya adalah Danau Belibis yang sangat indah. Danau ini berada di ketinggian 1000mdpl kaki gunung kerinci yang merupakan gunung merapi aktif tertinggi di indonesia dengan ketinggian 3805 mdpl.

Danau ini terbuat secara alami akibat dari aktifitas gunung merapi. Di tengah danau ini terdapat pulau yang terapung dan seolah berjalan mengelilingi danau.

Dibutuhkan sedikit effort untuk sampai ke danau belibis ini karena harus menerjang lebatnya hutan yang sarat akan satwa liar. Danau ini masih murni karena disini kita akan berbagi keindahan dengan hewan liar yang sesekali minum dari air danau yang tawar ini.

Biasanya yang berkunjung ke danau belibis jambi ini adalah para pendaki yang siap camping di gunung. Tapi tidak ada salahnya buat kamu untuk berkunjung. Untuk memudahkan kamu bisa klik Google Maps berikut ini.

8. Jembatan Beatrix Sarolangun

Jembatan Beatrix SarolangunJembatan ini sudah lama didirikan yaitu sejak 1932 zaman penjajahan belanda. Orang Belanda menamainya “Beatrix Brug”. Saat malam hari, pemandangannya sangat indah karena dihias dengan lampu terang  dan kelap kelip.

Banyak sekali wisatawan yang sengaja mengambil foto dengan view jembatan ini. Saat Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali sekali wisatawan yang berkunjung melihat obyek wisata pacu perahu tradisional khas Jambi atau dikenal ” Balumbo Biduk “.

Jembatan ini terletak di Sungai Bemban, Batang Asai, Kab. Sarolangun. Ikuti Google Maps berikut.

9. Danau Kumbang

Danau KumbangMendengar nama Kumbang seolah sangat menggelitik. Tapi memang itulah nama yang diberikan kepada Danau ini.  Lokasinya sangat cantik diatas ketinggian 2560 mdpldi Gunung Masurai. Disebut-sebut menjadi danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habema di Papua. Ikuti Google Maps ini untuk memudahkan.

Danau Kumbang berada di Kaldera tengah hutan lebat, jadi masih banyak kita temukan hewan-hewan liar berkeliaran. Suasananya sangat hening sekali. Airnya sangat jernih kebiruan.

Namanya mungkin masih asing di telinga wisatawan. Tapi bagi pendaki Gunung, khususnya Gunung Masurai pasti sudah tahu lokasi Danau Kumbang ini. Kalau kita lihat dari atas, Danau ini terlihat seperti lapangan yang berada di Stadion. Sangat mengagumkan.

10. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung TujuhDanau ini sangat eksotis karena dikelilingi tujuh puncak Gunung yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Pesona keindahan yang ditawarkan seolah memaksa kamu harus berkemah disini karena keindahan kabut dipagi hari sangat indah.

Danau ini disebut-sebut sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara dengan 1950 meter berada diatas permukaan laut. Airnya sangat dingin terutama di fajar hari. Terletak di Pesisir Bukit, Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi. Ikuti Maps ini.

Untuk pendakian ke Danau Gunung Tujuh, kamu harus mempersiapkan stamina yang prima karena akan berjalan sekitar 3 jam dari pos Taman Nasional Kerinci Seblat. Disini kamu bisa berenang bagi yang mau karena airnya lumayan dingin, ada juga penyewaan serahu sekitar Rp 50.000,-.

11. Air Panas Semurup

Air Panas SemurupBanyak sekali opsi tempat wisata di Jambi terutama di Kerinci, salah satunya adalah Air Panas Semurup. Sumber air disini sangat panas jadi saking panasnya, pengunjung sering merebus telur dengan air alami ini.

Tetapi jangan khawatir, pengelola sudah membuatkan tempat pemandian dengan tingkat ke-panasan yang bisa di tolerir untuk manusia awam. Awal mula di temukan, sumber air ini masih sangat liar karena tanpa pembatas dan mengandung belerang yang beracun.

Suhu airnya sekitar 85 derajat celcius berbeda dengan dulu pertama kali ditemukan yaitu 100 derajat celcius. Lokasinya di Jl Wisata Air Panas, Desa Air Panas Baru, Kec. Air Hangat Timur, Kerinci. Atau klik Google Maps. Ini salah satu Tempat Wisata di Jambi yang ikonic.

Pos terkait