Tempat Wisata di Kudus Jawa tengah bagian kedua

  • Whatsapp
Menara Kudus dan Masjid Al Aqso

Kota Kudus selain menjadi kota indstri kreteknya yang terkenal, juga mempunyai tempat wisata yang cocok untuk menghilangkan penat. Banyak sekali Tempat wisata di kudus yang bisa di kunjungi. Mulai dari Wisata alam sampai wisata religi.

Setidaknya terdapat destinasi wisata kudus yang selalu ramai di kunjungi wisatawan. Seperti wisata Gunung di kawasan Colo. Tempat wisata ini selalu padat di kunjungi siang dan malam.

Bacaan Lainnya

Destinasi Wisata di Kudus

Wisata colo kudus

Desa Wisata Colo
Desa Wisata Colo Kudus

Desa Colo berada di kawasan gunung Muria Kudus. Masuk di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Kawasan colo sangat sejuk karena berada di ketinggian kurang lebih 700 m di atas permukaan laut. Uniknya Disini terdapat Desa Wisata Colo.

Desa ini mempunyai obyek wisata unik dan menarik seperti Treking. Kamu akan di ajak menikmati indahnya suasana pegunungan Muria sambil menikmati kebun-kebun kopi yang ada sejak zaman penjajahan. Uniknya, kamu bahkan bisa ikut menikmati sensasi menanam kopi, okulasi bibit kopi, membuat pupuk kompos dari kopi, menggiling, ,emyelep bahkan sampai menyeduh kopi olahan sendiri. Sungguh pengalaman yang menyenangkan.

Desa wisata Colo juga ada tempat religi yang bisa di kunjungi yaitu Makam Sunan Muria.

Menara Pisang Dawe Kudus

Menara Pisang Dawe
Menara Pisang Dawe Kudus

Menara Pisang yang terletak di Desa Kajar, Dawe ini sangat cocok untuk kamu warga Kudus yang ingin mengambil obyek foto di Instagram. Wisata yang di tawarkan adalah wisata alam.

Harga tiket masuk tempat wisata menara pisang sekitar Rp 15.000. Di dalamnya banyak sekali gazebo yang cocok untuk bersantai. Ada juga fasilitas outbound dan camping ground (yang ingin camping) disini. Jadi jangan khawatir untuk berlama-lama disini.

Baca juga : Wisata di Kudus Bagian 1

Di dalamnya juga terdapat cafe makanan yang bisa mengobati rasa lapar kita tanpa harus keluar lagi. Ada juga Musholla yang mirip seperti gazebo yang membuat kamu betah untuk beribadah.

Desa Wisata Rahtawu

Desa Wisata Rahtawu
Desa Wisata Rahtawu

Desa yang berada di Perbatasan Pati dan Jepara ini memberikan pengalaman wisata yang mententramkan. Berada di ketinggian 1627mdpl membuat suasana sejuk senantiasa menyelimuti kita. Apalagi di balut dengan lebatnya pepohonan rindang di sekeliling, membuat Wisata di Rahtawu semakin menarik.

Wisata alam yang di tawarkan di desa rahtawu ini sangat menarik dan menjadi salah satu ikon tempat wisata di Kudus. Disini kita bisa menikmati Puncak Rahtawu, Puncak songolikur, Bangunan patilasan, Kali Petruk, Air terjun kertomo, air terjun mpetung,Air Terjun Kali Banteng, Omah Dongkas, Selam Semliro, Curug rahtawu, Pemandian alami Kedung gong, Gardu pandang Bukit Geneng, Taman Tirta.

Lokasi Desa Rahtawu ada di kecamatan Gebok yang paling Utara Kudus.

Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Tanjungrejo
Gray Canyon Tanjungrejo Kudus

Gray Canyon Kudus ada di desa Tanjungrejo, Jekulo Kudus. Memiliki luas wilayah sekitar 730,49 Ha. Lokasi ini terbagi menjadi 3 kampung yaitu dusun Patihan, Dusun Beji dan Kedungmojo.

Fantasi Suasana wisata adalah seperti kita wisata di Arizona Amerika. Sebenarnya wisata ini adalah sisa dari galian C, karena ada sedikit masalah teknis dan administrasi, tempat ini menjadi destinasi wisata. Tempat ini sangat cocok untuk kamu menghabiskan waktu di sore hari bersama teman-teman. View yang cocok untuk menu di Medsos kamu yang seolah sedang di gurun arizona.

Sendang Jodo (yang belum punya jodoh)

Sendang Jodo Dawe
Sendang Jodo Dawe Kudus

Sendang ini adalah sebuah pemandian alami dari sumber mata air yang mengalir deras di desa Purworejo, Dawe Kudus. Menurut kepercayaan warga sekitar, mandi di sendang ini bisa mendekatkan kamu ke jodoh kamu secepatnya. Dan bagi yang sudah mempunyai jodoh, bisa di langgengkan hubungannya.

Tapi ini hanya mitos yang berkembang. Tapi kalau kita sering bertengkar di rumah ya, mungkin jodoh yang tertukar. Atau jodoh terpaksa.

Menurut cerita warga, Sendang ini adalah tempat pemandian bidadari yang turun dari kayangan. Den Ayu Sunti yang di percaya bidadari memberikan pesan kepada sesepuh desa untuk menjaga dan merawat sendang tersebut dan berkata ” Siapa saja yang mandi di sendang ini akan di mudahkan jodohnya, untuk pria bertambah ketampanannya, untuk wanita muncul aura kecantikannya, dan di lapangkan rejeki”

Waduk Bendungan Logung

Bendungan Logung
Bendungan Logung Kudus

Waduk ini sebenarnya dulu akan di resmikan Presiden Jokowi. Tetapi tahap penyelesaiannya mundur dari target yang di tentukan, jadi sangat sulit untuk mendatangkan Presiden RI 7 kesempatan datang kedua kali.

Karena selain untuk memasok air untuk irigasi, pengendali banjir akibat luapan dari Guning Muria, Bendungan Logung akan di manfaatkan sebagai tempat wisata di Kudus.

Suasana alamnya yang masih asri, karena masih dalam kawasan lereng gunung muria membuat kita seolah terhipnotis disini. Bendungan dengan luas 196 Hektar ini menghabiskan dana tidak sedikit sekitar Rp 604,15 miliar dengan penghitungan anggaran per tahun oleh pembiayaan pusat melalui dana APBN, dengan biaya supervisi Rp 19,21 miliar.

Baca juga : Berenang di Waterboom Mulia Kudus

Dengan total biaya yang fantastis itu, pemerintah menargetkan dapat menampung total volume air mencapai 21 juta meter kubik. Potensi banjir dapat dikurangi 105 meter kubik per detik. Fantastis.

Goa Jepang di Colo

Goa Jepang
Goa Jepang

Desa Colo memang kawasan yang tua di daerah kudus. Banyak sekali petilasan yang banyak di desa ini. salah satunya adalah di temukannya Goa Jepang disini. Goa ini sejarahanya adalah pahit bagi nenek moyang kita yang pada waktu itu di Jajah Jepang. Lokasinya masih asri dan jarang di jamah oleh masyarakat banyak.

Kuliner yang ada di Sekitar Goa Jepang kudus ini sangat banyak. Beberapa traveler yang datang pasti menyantap makanan olahan warga Colo seperti Nasi Pindang, dan Pecel Pakis.

Pos terkait