Tempat Wisata di Magelang dan Sekitarnya selain Candi Borobudur

  • Whatsapp
Candi Borobudur

Tempat Wisata di Magelang – Semua orang butuh rehat dan refreshing, oleh sebab itu kita sesekali mencari opsi untuk jalan-jalan. Buat kamu warga Magelang dan sekitarnya yang ingin berwisata di Jawa Tengah, banyak sekali destinasi wisata di magelang terbaru yang wajib kamu kunjungi.

Seperti yang kita tahu, kota dengan sebutan “de Tuin van Java” ini mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang ikonik. Sebut saja Candi Borobudur, semua orang tahu candi terbesar di indonesia ini bahkan di dunia.

Bacaan Lainnya

Niagawisata.com mencoba memberi rekomendasi Tempat wisata di Magelang yang harus kamu ketahui. Tapi dikarenakan adanya pandemi global, membuat kita harus tahu mana wisata magelang yang sudah dibuka dan yang belum .

1. Candi Umbul

Candi UmbulCandi Umbul merupakan situs warisan nenek moyang dengan keistimewaan pemandian air panasnya. Menurut sejarahnya ini adalah tempat pemandian Raja dan Ratu untuk mensucikan diri pada masa dinasti Syailendra.

Masih belum diketahui darimana sumber air panas yang keluar di kawasan Candi Umbul, bahkan mayoritas warga sekitar tidak mengetahui.

Lokasi Candi Umbul berada di Jalan Candi Umbul, Grabag, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Magelang. Kamu bisa mandi disini. Tersedia dua kolam, besar dan kecil. Airnya mengandung belerang, jadi bisa dibuat terapi buat kamu yang mempunyai masalah nyeri dan tulang.

Harga tiket masuk Candi Umbul Rp 7500,-. Jam buka mulai dari jam 06:00 sampai 17:30 WIB.

2.  Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang selalu menjadi opsi tujuan wisata di akhir pekan. Airnya sangat bersih dan segar membuat para calon pengunjung “kepo” untuk bisa ikut menikmati keindahan alamnya.

Karena curah air terjunnya sangat deras, dianjurkan buat kamu untuk berhati-hati disamping “gerajakan” air, apalagi saat musim hujan bebatuan disampingnya lumayan licin. Untuk sampai ke lokasi air terjun yang berada di tengah-tengah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu ini lumayan terjal, kamu harus menyiapkan fisik yang orima karena jalanan setapak dan menanjak ditambah lagi kamu harus melewati sungai. Tapi kalau sudah sampai di lokasi rasa lelah kamu akan terbayar dengan keelokan pemandangan alam di Air Terjun Kedung Kayang.

Harga tiket parkir standart dan parkiran lumayan luas. Untuk lokasinya berada di Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang atau ikuti Maps ini.

3. Wisata Alam Gunung Gupak

Gunung Gupak
by @pesonaalamgununggupak_gg

Keunggulan Wisata Pesona alam Gunung Gupak ini adalah kamu bisa melihat keindahan 7 gunung sekaligus dari puncak Gupak. Dari sisi  selatan kamu bisa melihat view Gunung Merapi, Sebelah Timur Gunung Merbabu, sebelah barat keindahan Kota Magelang, Sebelah Utara Gunung Sumbing, Gunung Sindoro,Gunung Prau dan Gunung Andong.

Sebenarnya ini adalah sebuah bukit / dataran tinggi , tetapi mempunyai lokasi yang sangat strategis untuk pecinta wisata alam. Lokasinya ditata sedemikian rupa untuk menambah daya tarik pengunjung.

Terdapat taman buatan yang bagus, gazebo untuk bersantai, gardu pandang, patung bebek raksasa dan lain-lain. Cocok juga buat kamu yang mencari spot foto bagus dan alami.

4. Bukit Grenden

Bukit Grenden
by @moha_ma_ul

Bukit Grenden ini terletak di lereng Merbabu. Lokasinya sangat sejuk dan sudah sering dikunjungi para  wisatawan. Awal mulanya bukit ini adalah salah satu tempat pendakian ke Gunung Merbabu. Tetapi karena mempunyai keindahan alam membuat bukit ini lebih ramai Bukit ini dimanfaatkan untuk tempat wisata.

Dikelilingi oleh hutan pinus membuat bukit ini terasa sangat rindang. Berbagai Spot menarik disediakan disini seperti gardu pandang, rumah kurcaci bahkan hammock menjadi salah satu tempat selfie terbaik.

Kamu juga bisa mengejar sunrise di sini karena keindahannya tidak kalah dengan tempat-tempat yang lain. Pesona sunset juga tidak kalah indah dan menarik.

5.  Pasar Tradisi Bukit Gununggono

Pasar Tradisi Bukit Gununggono ini adalah obyek wisata magelang yang lumayan unik dan cocok untuk wisata kuliner dan wisata alam. Pemandangan alamnya sangat indah dan menawan karena kita bisa melihat kemegahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu tepat di depan kita.

Terletak di Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Magelang. Banyak sekali para penjaja makanan yang sudah berjejer disini memberikan beraneka macam jajanan seperti Gethuk, Tiwul, Sengkulun, Kuluban, Sego Jagung, Cethil, Growol, Kacang Godhog, Mendoan Tempe dan lain-lain. Aneka minuman juga bermacam-macam disini selain kopi dan teh yaitu wedang uwuh, wedang jahe, dawet ayu, penganan jadul dll.

Dengan background pepohonan dan bambu yang rindang serta letak yang strategis karena terhimpit diantara lahan persawahan yang luas membuat kita betah berlama-lama disini sambil ngobrol bersama teman dan pasangan.

Keunikan pasar ini adalah transaksi tanpa “Rupiah” tetapi dengan “Dhono” yaitu mata uang khusus yang di buat untuk transaksi. Setiap Dhono dihargai Rp 2.000. Penjual disini memakai Pakaian khas yaitu pria memakai blangkon dan pakaian tradisional. Sedangkan perempuan mengenakan batik dan sanggul di kepala.

6. Taman Doa Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan, Gantang

Taman Doa Maria Gantang
by @mariaartharini

Untuk kamu saudara Nashrani/Katolik yang ingin mencari ketentraman, di lereng gunung merapi terdapat Taman Doa Maria yang menawarkan kestabilan alam dan jiwa. Tempat ini resmi di buka pada 30 November 2017 .

Patung Bunda Maria atau warga sekitar menyebutnya “Mbok Tentrem” ini dibangun dengan batu Merapi asli dan dipahat langsung oleh seniman dari Merapi. Untuk jadwal misa pada hari sabtu jam 18:00. Meskipun identik dengan kepercayaan tertentu, Wisata Magelang satu ini dibuka untuk umum.

Tempat ini berupa taman dengan udara pegunungan yang sangat sejuk. Berada di Desa Gantang, Sawangan, Gantang, Magelang. Kamu juga bisa mencari kuliner jajanan khas warga setempat di sekitar lokasi. Tempat wisata sekitar adalah Ketep Pass Magelang, Candi Sengi dll.

7.  Desa Wisata Sumber

Jembatan Jokowi Mangunsoka
by @jktshootandgram.jpg

Desa Wisata ini menjadi viral karena ada jembatan ikonik yang dibuat yaitu Gantung Mangunsuko atau lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Jokowi karena yang meresmikan adalah Presiden RI ketujuh Joko Widodo. Jembatan ini memiliki panjang 120 meter menghubungkan antara Desa Mangunsuko dan Desa Sumber.

Desa ini diapit oleh dua Sungai yaitu Kali Senowo dan Kali Lamat. Disini kamu bisa mengunjungi Taman  Sukowati yang indah dengan bunga-bunga yang berwarna warni.

Warganya sangat welcome yang membuat kita para pengunjung betah kesini. Banyak sekali agenda sekolah bahkan perguruan tinggi yang sengaja menjadikan Desa Sumber ini tempat belajar sambil mengenal alam lebih dekat. Lokasinya di Tutup ngisor, Sumber, Dukun, Magelang atau ikuti maps ini.

8.  Desa Wisata Ketep

Desa Wisata Ketep mempunyai obyek wisata unggulan yaitu Ketep Pass. Ini adalah agrowisata atau wisata buatan yang dihasilkan dari pemanfaatan lahan seperti pertanian, kandang, perkebunan, tambak laut dll.

Desa Wisata KetepTempat ini sangat indah karena kamu bisa melihat view gunung yang sangat indah. Kalau kamu ada di ujung ketinggian Ketep Pass kamu bisa melihat 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sumbing, Sindoro dan Gunung Slamet. Cocok buat kamu yang mencari spot foto yang indah dan seru.

Untuk kamu yang ingin mengejar sunrise, dianjurkan sampai disini sebelum jam 06:00 pagi.  Karena hawanya dingin karena berada di kakinya Gunung Merbabu, jangan lupa bawa jaket yah dari rumah.

Tempat Wisata di Magelang satu ini lumayan viral di medsos. Untuk kamu yang ingin menikmati budaya adat khas Jawa Tengah dan Ketep bisa bermalam disini untuk melihat acara Aum (Rejeban), nyadran, ngeslupi, selikuran, padusan, suran, sawalan, wiwit, mitoni, brokohan, dan acara-acara lainnya.

Harga tiket masuk Senin – Sabtu : Rp 10.500 (Include asuransi), Minggu/libur Nasional : Rp 12.500. Untuk masuk Ketep Volcano Theatre : Rp 10.000. Tiket fasilitas teropong : Rp 5.000. Tiket Wisatawan Mancanegara : Rp 50.000. untuk hari minggu dan libur nasional Wisatawan Mancanegara 60.000. (include semua fasilitas obyek+free softdrink ).

9.  Top Selfie Kragilan

Tempat wisata alam Magelang satu ini selalu ramai di bulan ramadhan karena sering dipakai ngabuburit untuk menunggu bedug maghrib. Suasananya sangat sejuk karena dikelilingi hutan pinus yang tertata rapi. Tempat ini juga terkenal dengan sebutan Wisata Hutan Pinus Pakis.

Kenapa dinamakan Top Selfie, karena semua yang disini sangat cocok untuk berfoto ria bersama teman, pacar dan keluarga. Lokasinya di Area Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang atau ikuti maps ini.

Banyak sekali wahana permainan yang memang disiapkan untuk para pengunjung seperti Ayunan, Gardu Pandang berbentuk love. untuk kamu yang bisa berkunjung sangat dianjurkan membawa perlengkapan kamera lengkap.

10. Situs Candi Sengi

Candi SengiDi Dusun Sengi para warga mendapati tiga peninggalan candi tua yang terkubur oleh debu akibat erupsi Gunung Merapi. Ketika candi tersebut adalah Candi Pendem, Candi Asu dan Candi Lumbung.

Candi pendem memang terkesan terpendam di kaki Merapi. Candi Lumbung terletak 50 m dari Candi Pendem, Sedangkan Candi Asu berdekatan sekitar 150 meter jauhnya.

Untuk sampai kesini memang tidak terlalu mudah, tapi bagi orang yang suka dengan artefak-artefak sejarah pasti mengunjungi candi peninggalan ini.

Desainnya lumayan unik dengan sulur gelung keluar dari jembatan. Ditengahnya ikal sulur terdapat burung bangau sedang membuka sayap yang diapit pilaster dan bersebelahan dengan relief ghana.

Situs Candi Sengi Magelang awal di temukan warga saat membuka lahan di lereng gunung. Mereka menemukan gundukan bangunan yang tertutup debu akibat erupsi merapi. Lokasinya di Dusun Sengi, Kec Dukun, Magelang atau bisa ikuti Maps ini.

Candi candi ini dipercaya dibuat masa kerajaan Mataram kuno oleh Raja Rakai Kayuwangi Diah Pitaloka raja ke 8 sekitar abad 855-885 M.

11. Agrowisata Salak Nglumut

Salak NglumutNamanya sudah menjelaskan wisata apa yang akan kita nikmati, yaitu lahan pohon salak. Keunggulan wisata alam magelang satu ini adalah kamu bisa memetik langsung buah salak dari pohonnya.

Kamu juga bisa melihat bagaimana pembudidayaan salak organik mulai dari pembibitan sampai memetik hasil buahnya. Lahan yang dipakai sangat menunjang dan masuk grade terbaik karena berada di lereng gunung merapi yang terkenal kesuburan dan kegemburan tanahnya.

Hasil salak disini terkenal yang terbaik dengan rasanya lebih enak, buahnya berbentuk segitiga dan bulat berbentuk telur terbalik. Ukurannya juga besar dari 2.5 – 8 cm dengan berat rata-rata 70g.

Lokasi Salak Nglumut di Tegalancar Kradenan, Srumbung, Area Sawah/Kebun, Kradenan, Srumbung, Magelang atau ikuti Maps berikut.

12. Telaga Bleder

Telaga BlederLokasinya sangat mudah dijangkau karena jalanannya sudah bagus dan rapi. Untuk sampai kesini kamu akan disuguhi pemandangan yang sejuk dan asri dengan view Gunung Andong dan bebrapa bukit. Lokasinya benar-benar natural karena berdampingan langsung dengan pemukiman warga.

Alamatnya berada di Bleder, Desa Ngasinan Kec Grabag. Obyek wisata grabag magelang ini tiket masuknya hanya sekitar Rp 7000 – Rp 10.000. Liburan kesini sangat cocok dengan dengan wisata keluarga. Obyeknya lebih ke wisata air seperti speed boat, sampan, sepeda, becak air dan lain-lain.

Fasilitasnya juga cukup memadai. Kamu bisa mendapati gazebo-gazebo untuk bersantai. Disediakan juga taman-taman kecil untuk menambah keindahan lokasinya. Setiap tahun Dinas Pariwisata Kab Magelang selalu mengadakan acara festival telaga bleder. Acara yang selalu di tunggu-tunggu adalah pelepasan seribu lampion air ke telaga atau biasa disebut dengan Watern Lantern Festival, kamu bisa enjoy sambil menikmati alunan musik live disini.

Masih banyak keseruan yang bisa kamu mainkan disini seperti Panen Ikan (dari bibit warga sendiri), Merti Desa ( Sebuah tradisi yang dilestarikan dari zaman Mataram Kuno sampai Mataram Islam.

13. Jurang Jero

Wisata Jurang Jero
by @sandha.sakti

Tempat Wisata di Magelang selalu mayoritas identik dengan wisata alam. Salah satunya adalah jurang jero. Lokasinya sangat sejuk dan asri di  Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Lokasinya sangat terjal jadi diperlukan kendaraan extra untuk sampai masuk kesini karena pecinta offroad sering memakai jalanan ini.

Wisata di sini adalah outbound, camping dan olahraga yang memacu andrenalin. Pemandangannya sangat eksotis dan seksi. Di dominasi pepohonan pinus yang rindang membuat tempat wisata ini sangat rindang. Bahkan Tempat ini menjadi kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Merapi.

14. Sungai Elo

Sungai EloSungai Elo sangat familiar di telinga warga Magelang karena tempat ini adalah pelopor rafting yang terkenal di Magelang. Airnya tidak deras dan tidak membahayakan untuk pengunjung. Disini kamu juga bisa diving dan snorkeling.

Lokasinya di Jl Sendangsono KM 02, Kanden, Progowati, Mungkid, Magelang atau sekitar 45 menit dari Yogyakarta. Tidak ada yang bisa dijadikan pedoman untuk wisata indah ini. Kamu juga bisa melakukan hal-hal menarik lain seperti

Harga Paket Rafting/ Arum Jeram yang di patok oleh pengelola masih terjangkau yaitu sekitar Rp 750.000. Jangan khawatir untuk mengabadikan suasana keseruan bermain arum jeram karena ada operator yang khusus mengambil spot menarik saat kamu sedang beraksi bersama grup.

Biasanya setelah selesai, kamu akan diarahkan ke tempat yang disediakan untuk beristirahat sambil Hidangan seperti snack, kelapa muda dll.

15. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu
by @maaaaasber

Tempat ini seperti di Belanda yang membuat kamu seperti di Eropa. Terdapat kincir angin dan taman yang indah yang bagus sekali untuk spot foto yang menarik.

Wisata ini cocok untuk ABG dan keluarga kecil karena tempatnya penuh dengan hiburan anak-anak. Harga tiket masuk sekitar Rp 10.000. Saat masuk kamu akan disambut dengan panorama Negara kincir angin.

Meskipun bunga yang di pertontonkan adalah bunga celosia bukan bunga tulip, tapi tidak mengurangi keindahan dan keasrian tempat ini.

16. Camera House Borobudur

Camera House Borobudur
by @fridddaaa_

Kamu bisa menikmati pengalaman tiga dimensi yang menjadi seni rupa. Wisata unik Magelang satu ini menawarkan desain wisata berupa bangunan kamera DSLR raksasa.

Kamu akan menikmati pengalaman unik saat masuk ke Rumah kamera Borobudur. Mulai dari lukisan-lukisan yang indah dan salah satu yang terkenal adalah dari Pak Tanggol dan Batik khas Jawa.  Dan bagi kamu yang kesini dengan pasangannya, kamu akan mendapati gembok cinta yang romantis.

Jarak antara Candi Borobudur dengan Lokasi hanya 10 menit perjalanan atau 3 km saja. Banyak akses yang untuk bisa sampai kesini. Kamu juga bisa naik andong ber empat atau lima orang dengan biaya Rp 25.000,-.

Lokasi Camera House Borobudur di Majaksingi 8, Borobudur, Karang Bawang, Majaksingi, Kec. Borobudur, Magelang atau ikuti Maps ini. Harga tiket masuk Rp 5.000,- per orang dan Rp 15.000,- per lantai. Wisata ini open dari jam 08:00 – 19:00 WIB.

17. Svargabumi Borobudur

Svargabumi Borobudur
by @wiedyaningrumalif

Svargabumi Borobudur adalah sebuah persawahan yang tertata rapi dan indah seperti di Ubud Bali di samping Borobudur.  Ada sekitar 20 -22 spot foto dan wisata menarik yang harus kamu kunjungi. Tempat ini sangat viral di mata anak-anak kekinian yang sangat instagramable.

Harga tiket masuk sekitar Rp 25.000,- dan Rp 15.000,- untuk anak-anak. Kamu bisa sepuasnya  menikmati wahana foto disini. Lokasinya terletak di Borobudur-Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang atau ikuti Maps ini . Jangan lupa ajak temen-temen kamu untuk bersantai disini.

18. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar
@jejakjateng

Air terjun ini terkesan malu-malu dan bersembunyi di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang. Air ini adalah “grojogan” yang turun dari Gunung Merbabu.

Airnya sangat Jernih dan sejuk karena lokasinya berada di lereng Gunung. Tempat Wisata di Magelang satu ini lumayan unik dinamakan kembar karena dua curug berdampingan dan sama debit airnya dengan tinggi air terjun sekitar 20m. Diatas air terjun ini terdapat air terjun mini yang hanya 2 meter tingginya jadi kelihatannya terlihat bertingkat.

Lokasinya di tutupi oleh hutan pinus Magelang yang khas dan bebatuan besar jadi sangat seru untuk berkunjung kesini. Air Terjun Grenjengan Kembar terletak di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang.

19. Candi Pawon

Candi Pawon Magelang
by @visitmagelang.id

Candi ini adalah Candi Budha dan mempunyai nama lain Candi Brajanala. Berada di Brojonalan, dusun 1 Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Candi Pawon hanya berjarak sekitar 2 km ke arah timur laut dari Borobudur ini sering dikunjungi setelah selesai berwisata di Candi. Lokasinya juga berjarak 1 km dari Candi Mendut dan berada satu garis dengan Borobudur.

Saat masuk ke lokasi, kamu akan melihat pintu yang berukuran 2.65 x 2.64 m dengan tinggi 5.2 m. Kamu langsung disuguhi ornamen Kalamakara yang berbentuk kepala raksasa khas dari tradisional Jawa yang tanpa rahang bawah. Kepala ini berada tepat di atas pintu candi yang tujuuannya dipercaya bisa mengusir roh jahat.

Ornamen unik lainnya seperti ukiran tahun 1904 yang menjadi penanda akhirnya pemugaran candi atas tanggung jawab Dinas Purbakala dan J.G. de Casparis.

20. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
by @sherlywr

Punthuk Setumbu adalah salah satu tempat mencari Sunrise terbaik di Magelang. Disini kamu bisa melihat landscape dengan sempurna karena berada di ketinggian kurang lebih 1.300 Mdpl.

Dari atas kamu bisa melihat keindahan Gunung Merapi, Gunung menoreh, Gunung Merbabu, sampai view Candi Borobudur. Orang-orang menyebutnya lokasi ini adalah Nirvana Sunrise karena bisa melihat keindahan Sunrise berbarengan dengan keperkasaan Candi Borobudur yang baru bangun.

Berlokasi di Kurahan, Karangrejo, Kec Borobudur, Magelang. Untuk bisa menikmati wisata Punthuk Setumbu, wisatawan dikenai harga tiket masuk sekitar Rp 15.000 untuk lokal dan Rp 30.000 asing.

21. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong
@nurfi_ismatul

Tempat pencarian Sunrise terkenal lainnya adalah pilihan Punthuk Mongkrong. Lokasi ini merupakan salah satu bukit tinggi di Magelang dengan ketinggian 624 Mdpl. Untuk kamu yang suka pendakian ini adalah destinasi wisata terbaik buat kamu.

Lokasinya berada di Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Olgung, Giripurno, Kec. Borobudur, Magelang. Dari Candi Borobudur hanya berjarak 5 km saja. Untuk sampai kesini sudah sangat baik daripada sebelumnya karena jalanannya sudah di cor dan diaspal dengan halus.

Harga tiket masuk lumayan terjangkau hanya Rp 5000,- parkir hanya Rp 2000,-. Viewnya sangat sempurna meskipun tidak se terkenal Puthuk Setumbu.

Masih banyak lagi Tempat Wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi seperti Candi Selogriyo, Desa Wisata Tamanagung, Silancur Highland, Ladon Little Island, Mangli Sky View, Air Terjun Sekar Langit, Curug Silawe, Kolam Renang Tirta Mitra Sejati, Kolam Renang Kemiren, Nepal Van Java Dusun Butuh dan masih banyak lagi.

Pos terkait